Abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung sampai ke Aceh

Abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung sampai ke Aceh

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Desa Kuta Rakyat, Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (2/3/2021). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter di atas puncak. ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting/aww.

Banda Aceh (ANTARA) - Sebaran abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, pada Selasa (2/3) pagi, sampai ke sejumlah wilayah di Provinsi Aceh.

"Bila dilihat dari foto satelit diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang atau terbawa ke Provinsi Aceh," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Selasa.

Baca juga: Cuaca mendung, jarak luncuran guguran abu Sinabung tak teramati
 
Sebaran abu vulkanik yang terpantau melalui Citra Satelit BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar. (ANTARA/HO-BMKG)

Ia menyatakan erupsi Gunung Sinabung terjadi sekitar 09.49 WIB. Informasi dari Koordinator Stasiun Meteorologi Kelas I Kualanamu, bahwa tinggi kolom abu vulkanik mencapai 1.000 meter, dengan arah gerak ke Barat hingga Selatan.

Baca juga: Guguran abu Gunung Sinabung teramati dengan jarak luncuran 1.000 meter

"Abu vulakni sudah mulai terdampak ke wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, dan sudah meluas ke wilayah Kabupaten Aceh Selatan," katanya.

Oleh sebab itu, BMKG Kelas I Aceh Besar mengimbau masyarakat di wilayah Aceh Tenggara dan Aceh Selatan yang mulai terpapar debu asap vulkanik agar mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Jikapun harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan dan air untuk konsumsi," katanya.

Baca juga: Guguran abu Gunung Sinabung teramati dengan jarak luncur 1.500 meter

Baca juga: Guguran abu Sinabung teramati pada jarak luncur 1.500 meter
Pewarta : Khalis Surry
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021