Menparekraf dorong subsektor ekonomi kreatif dapat prioritas vaksinasi

Menparekraf dorong subsektor ekonomi kreatif dapat prioritas vaksinasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno (kedua kanan) didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (kiri) meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada pekerja sektor pariwisata di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (27/2/2021). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong subsektor-subsektor di bawah ekonomi kreatif, terutama mereka yang banyak bersinggungan secara publik bisa mendapatkan prioritas vaksinasi COVID-19.

Sandiaga Uno dalam diskusi daring bertajuk "Vaksinasi Datang Pariwisata Gemilang", Senin, mengatakan vaksinasi terhadap pedagang di Tanah Abang, Jakarta Pusat, juga merupakan bagian dari vaksinasi terhadap pelaku ekonomi kreatif.

"Seperti di Tanah Abang itu kemarin sudah mendapatkan vaksinasi. Mereka adalah pelaku ekonomi kreatif dari segi hilir, yang menjual produk-produk busana atau fesyen," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: Anies: Tahap awal vaksin bagi pedagang pasar bersifat penawaran

Fesyen sendiri merupakan satu dari 16 subsektor ekonomi kreatif yang menyumbang cukup besar terhadap ekonomi nasional.

Subsektor ekonomi kreatif lainnya yaitu aplikasi dan pengembangan game, arsitektur dan desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film, animasi video, fotografi, kriya (kerajinan tangan), kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni‎ rupa, televisi dan radio.

Ada pun pelaku ekonomi kreatif di Indonesia diperkirakan mencapai 20 juta hingga 21 juta orang.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga optimis vaksinasi bangkitkan pariwisata RI 2021

"Oleh karena itu saya mendukung dan mendorong subsektor lain di ekonomi kreatif ini terutama yang banyak bersinggungan dengan masyarakat, dengan publik, bisa juga diberikan prioritas," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga menambahkan banyak juga pelaku ekonomi kreatif yang hadir di destinasi pariwisata dan ikut terdampak pandemi karena anjloknya kunjungan wisatawan.

"Jadi harapan saya, karena mereka juga ekonominya sangat terdampak, banyak yang kehilangan mata pencaharian, tidak memiliki penghasilan, maka mari sama-sama kita beri satu keberpihakan kepada masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif," pungkas Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga Uno ungkap rencana buka wisata Bali via "Free COVID Corridor"
 
Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021