Ketua DPD nilai pesantren mampu siapkan tenaga kerja andal

Ketua DPD nilai pesantren mampu siapkan tenaga kerja andal

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berpidato di Pondok Pesantren Salafiyah, Kota Pasuruan, Senin (26/10/2020). ANTARA/Indra Setiawan/am.

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai pondok pesantren mampu menyiapkan tenaga kerja yang andal, selain fungsi utama sebagai tempat belajar agama.

"Saya selalu sampaikan bahwa pesantren itu tidak hanya untuk belajar agama saja, melainkan berfungsi untuk mengembangkan bisnis, jadi sentra perekonomian masyarakat, bahkan mencetak SDM yang andal," kata LaNyalla dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Senator asal Jawa Timur itu mengapresiasi peresmian Balai Latihan Kerja (BLK) di Pondok Pesantren Kawit An Nur, Desa Kalisapu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Baca juga: Ketua DPD RI apresiasi Gerakan Santri Bermasker

Dia mengharapkan BLK itu menjadi percontohan bagi pesantren di daerah lainnya untuk mengambil peran yang sama.

"Tenaga kerja yang dihasilkan oleh pesantren memiliki nilai lebih karena ditopang keterampilan kerja, kesiapan mental dan moral untuk menduduki posisi kerja di berbagai bidang," jelas LaNyalla.

Selain itu, LaNyalla berharap dengan keberadaan BLK di pesantren dapat memiliki tenaga kerja yang berdedikasi tinggi, memiliki moral yang baik sebagai pekerja yang menanamkan nilai-nilai Islami.

Baca juga: Ketua DPD RI minta limbah medis di masa pandemi dikelola dengan baik

"Ini bisa menjadi tren dan bisa terus dikembangkan ke depannya," ujarnya.

Balai Latihan Kerja untuk santri diresmikan di Pondok Pesantren Kawit An Nur Desa Kalisapu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (28/2).

BLK itu salah satu dari delapan BLK untuk pondok pesantren di Kabupaten Tegal dan Brebes di bidang menjahit, otomotif dan grafis komputer. Pelatihan diberikan kepada santri, difabel dan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kemampuan di bidang ketenagakerjaan sehingga menghasilkan tenaga kerja yang profesional dan berdedikasi.

Baca juga: LaNyalla dan Nono Sampono divaksin Sinovac
Pewarta : Fauzi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021