"The Crown" borong penghargaan Golden Globe 2021

Cuplikan "The Crown" musim keempat (2020). ANTARA/Netflix.

Jakarta (ANTARA) - Serial drama kerajaan Inggris "The Crown" dan serial komedi "Schitt's Creek" mendapatkan penghargaan tertinggi untuk televisi di Golden Globes, Minggu waktu setempat.

Pendatang baru Emma Corrin (25) yang berperan sebagai Puteri Diana muda di "The Crown" jadi aktris terbaik untuk drama televisi, mengalahkan aktris veteran Olivia Colman dan Laura Linney. Pasangan mainnya, Josh O'Connor yang menjadi Pangeran Charles menjadi aktor terbaik dalam kategori drama televisi.

Peter Morgan, pembuat "The Crown", yang tampil lewat webcam mengatakan,"Saya minta maaf karena duduk di kantor kecil ini tanpa dikelilingi orang-orang yang membuat acara ini luar biasa."

Emma Corrin yang terkejut atas penghargaan itu mengatakan, "Terima kasih untuk Diana. Kau mengajarkanku tentang belas kasih dan empati."

Sementara Dan Levy, pembuat acara "Schitt's Creek", mengatakan kemenangan untuk serial tersebut adalah "pengakuan yang indah" atas pesan inklusi yang disampaikan.

Jason Sudeikis yang tampil santai mengenakan hoodie sama terkejut ketika diumumkan sebagai aktor komedi terbaik untuk serial TV "Ted Lasso".

Film Korea-Amerika "Minari" memenangi film bahasa asing terbaik.

Dari tempat terpisah, aktor Inggris Daniel Kaluuya dan John Boyega, dan film animasi "Soul" termasuk di antara pemenang yang dipilih oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA), yang telah dikecam karena tidak ada orang kulit hitam di antara 87 anggotanya.

Kaluuya memenangkan aktor pendukung terbaik dalam kategori film untuk perannya sebagai aktivis Black Panther Fred Hampton dalam "Judas and the Black Messiah."

Sementara Boyega memenangi aktor pendukung terbaik dalam kategori televisi di serial "Small Axe". Animasi "Soul" yang jadi film pertama Pixar dengan karakter utama kulit hitam jadi animasi terbaik dan membawa pulang skor terbaik, Reuters dikutip Senin.

Baca juga: Cara menyaksikan dan serba-serbi Golden Globes 2021

Baca juga: Laporan Los Angeles Times ungkap alasan Golden Globes kurang beragam

Baca juga: Sutradara wanita dominasi nominasi Golden Globes 2021
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021