Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (Sekjen PDI-P) Hasto Kristiyanto bersepeda santai (gowes) secara serentak bersama puluhan kader PDI-P di DKI Jakarta untuk mengkampanyekan gerakan politik hijau.

Kegiatan gowes serentak itu juga merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-48 PDI-P.

"Setelah kami mengadakan gerakan menanam dan membersihkan sungai, hari ini kami mengadakan sepeda sehat serentak dan terbatas (pesertanya) karena pandemi," ujar Hasto saat ditemui di Pintu Silang Monumen Nasional (Monas), di seberang Gedung Indosat, Jakarta Pusat, Minggu.

Baca juga: Hasto: PDIP segera luncurkan satgas lingkungan jaga sungai

Hasto mengatakan tema besar HUT Ke-48 PDI-P adalah Kepribadian dalam Kebudayaan, Politik Hijau, Mencintai Lingkungan, Hidup Sehat dan Hidup Bersih.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA dari undangan yang disebar, kegiatan gowes tersebut diikuti pula secara serentak oleh kader PDI-P di berbagai ibu kota provinsi seluruh Indonesia.

"Kami adakan secara serentak dan terbatas karena di tengah pandemi mengadakan sepeda sehat," kata Hasto menegaskan.

Hasto mengatakan bahwa aturan kegiatan tersebut maksimal diikuti 20 orang di setiap regu.

"Setiap regu 20 orang, enggak banyak-banyak," kata Hasto.

Baca juga: Tebar benih ikan, Djarot: Gerakan politik hijau PDIP

Setiap peserta gowes juga diwajibkan menggunakan masker guna melindungi dampak penyebaran virus corona.

Hasto mulai mengayuh sepedanya bersama rombongan dari Pintu Selatan Monas pukul 07.49 WIB.

Selain di Monas, ada empat titik lain yang ikut menggelar gowes serentak pukul 08.00 WIB.

Selain di pintu seberang Gedung Indosat, pintu seberang Kemenko PMK dipimpin oleh Ketua DPP PDI-P Eriko Sotarduga, pintu silang belakang Stasiun Gambir dipimpin oleh Sekretariat DPP berserta DPD DKI Jakarta. Pintu Seberang Markas Besar Angkatan Darat diramaikan oleh rombongan DPC Jakarta Utara.

Baca juga: Ahmad Basarah tegaskan bersih sungai agenda wajib PDIP se-Indonesia
​​​​​​​
Sementara itu, ada pula empat titik "start" dari kawasan Gelora Bung Karno, yakni pintu TVRI yang dipimpin oleh Wasekjen Sadarestuwati, Pintu Panahan akan dipimpin oleh Wasekjen Utut Adianto bersama 10 anggota DPR-RI.

Sedangkan di titik Masjid Al Bina diramaikan oleh rombongan DPC Jakarta Timur dan Pintu Tenggara dikomandoi oleh Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah berserta rombongan DPC Jakarta Selatan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2021