Sanaa/New York (ANTARA) - Mata Ahmadiya Juaidi terbelalak saat meneguk minuman nutrisi dari cangkir besar warna jingga, jari-jarinya yang kurus memegang pegangannya. Rambutnya ditarik ke belakang dan di sekitar lehernya tergantung kalung perak dengan leontin berbentuk hati dan huruf A.

Tiga minggu lalu, bocah perempuan 13 tahun itu beratnya hanya sembilan kilogram ketika dia dirawat di rumah sakit al-Sabeen di ibu kota Yaman, Sanaa karena kekurangan gizi yang membuatnya sakit setidaknya selama empat tahun terakhir. Sekarang beratnya 15 kilogram.

"Saya khawatir ketika kami kembali ke pedesaan, kondisinya akan memburuk lagi karena kekurangan makanan bergizi. Kami tidak memiliki penghasilan," kata kakak laki-lakinya, Muhammad Abdo Taher Shami, kepada Reuters.

Mereka termasuk di antara sekitar 16 juta warga Yaman - lebih dari setengah populasi negara Jazirah Arab - yang menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa akan kelaparan. Dari jumlah tersebut, lima juta berada di ambang kelaparan, kepala bantuan PBB Mark Lowcock memperingatkan.

Pada Senin, PBB berharap mengumpulkan sekitar 3,85 miliar dolar (Rp54,4 triliun) pada acara janji virtual untuk menghindari apa yang menurut Lowcock akan menjadi kelaparan "buatan manusia" berskala besar, yang terburuk yang pernah terjadi di dunia selama beberapa dekade.

Lebih dari enam tahun perang di Yaman - secara luas dipandang sebagai konflik proksi antara Arab Saudi dan Iran - telah mengirim negara miskin itu ke dalam apa yang oleh PBB digambarkan sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia.

Sekitar 80% orang Yaman membutuhkan bantuan, dengan 400.000 anak di bawah usia lima tahun kekurangan gizi parah, menurut data PBB. Untuk sebagian besar makanannya, negara ini bergantung pada impor yang telah sangat terganggu selama bertahun-tahun oleh semua pihak yang bertikai.

"Sebelum perang Yaman adalah negara miskin dengan masalah malnutrisi, tetapi itu adalah salah satu negara yang memiliki perekonomian yang berfungsi, pemerintah yang memberikan layanan kepada cukup banyak rakyatnya, infrastruktur nasional dan basis ekspor," kata Lowcock kepada wartawan. "Perang telah menghancurkan semua itu."

"Di dunia modern, kelaparan pada dasarnya adalah tentang orang yang tidak memiliki pendapatan dan kemudian orang lain menghalangi upaya untuk membantu mereka. Itu pada dasarnya yang kami dapatkan di Yaman," tambahnya.

Lebih lapar versus Pandemi

Koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi melakukan intervensi di Yaman pada 2015 setelah kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran menggulingkan pemerintah negara itu dari Sanaa. Kaum Houthi mengatakan mereka memerangi sistem yang korup. Penderitaan rakyat diperparah oleh jatuhnya ekonomi dan mata uang dan oleh pandemi COVID-19.

Pejabat PBB sedang mencoba menghidupkan kembali pembicaraan damai, dan Presiden baru AS Joe Biden mengatakan Yaman adalah prioritas, seraya menyatakan penghentian dukungan AS untuk kampanye militer yang dipimpin Saudi dan menuntut perang "harus diakhiri."

Dua belas kelompok bantuan, termasuk Oxfam, Save the Children and Care International, telah memperingatkan bahwa 2,3 juta anak di bawah usia lima tahun di Yaman akan kelaparan tahun ini jika pemerintah tidak meningkatkan pendanaan mereka pada Senin.

Muhsin Siddiquey, direktur negara Oxfam di Yaman, menceritakan percakapan dengan seorang wanita berusia 18 tahun, yang terlantar akibat konflik dan tinggal di sebuah kamp di Yaman utara.

"Dia mengatakan bahwa pandemi virus corona memberi kami dua pilihan kejam: kami tinggal di rumah dan mati karena kelaparan, atau kami keluar dan kemudian meninggal karena penyakit," kata Siddiquey kepada Reuters.

Angka resmi sangat meremehkan penyebaran COVID-19 di Yaman, menurut PBB dan badan bantuan.

Pada 2018 dan 2019, PBB mencegah kelaparan karena permohonan bantuan yang didanai dengan baik, termasuk sumbangan besar dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Kuwait.

Pada tahun 2020, PBB hanya menerima lebih dari setengah dari 3,4 miliar dolar (Rp53 triliun) yang dibutuhkannya, yang menurut Lowcock sebagian besar disebabkan oleh kontribusi yang lebih kecil dari negara-negara Teluk. Dia mendesak mereka untuk berjanji dengan murah hati untuk tahun 2021 dan membayar dengan cepat.

Uni Emir
at Arab mengatakan pada Jumat akan menjanjikan 230 juta dolar (Rp3,2 triliun) untuk tahun 2021.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021