Sektor sosial perlu diperkuat guna dukung penanganan pandemi

Sektor sosial perlu diperkuat guna dukung penanganan pandemi

Direktur Puskapa Santi Kusumaningrum (kiri) disela kegiatan konferensi internasional perlindungan anak di Nusa Dua, Bali. (Antaranews Bali/Komang Suparta/2018) (Antaranews Bali/Komang Suparta/2018/)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Kajian dan Advokasi Perlindungan dan Kualitas Hidup Anak (PUSKAPA) menilai sektor sosial perlu diperkuat guna mendukung sektor kesehatan dalam pengendalian pandemi COVID-19.

"PUSKAPA percaya dan mendukung argumen bahwa sektor kesehatan tidak bisa bekerja sendirian. Sektor ini harus disangga oleh sektor sosial," kata Santi Kusumaningrum dari PUSKAPA dalam diskusi virtual bertajuk “Perkuat Peran Sektor Sosial dan Pemerintah Daerah di Masa Pandemi" dipantau di Jakarta, Jumat.

Ia menilai sektor kesehatan perlu disangga oleh sektor sosial. Oleh karena itu, PUSKAPA mengapresiasi kegiatan bansos dan jaring pengaman sosial yang diupayakan oleh pemerintah.

Namun demikian, penguatan sektor sosial masih bisa dilakukan lebih jauh lagi dengan memberdayakan pekerja sosial dalam penyediaan layanan non-medis bagi populasi rentan yang selama ini dinilai kurang mendapatkan akses dalam pelayanan kesehatan.
Baca juga: Perempuan-anak rentan terdampak COVID-19 pada aspek sosial-ekonomi
Baca juga: Psikolog bagikan cara beri dukungan sosial saat pandemi COVID-19


Dalam kegiatan pendataan (surveilans) misalnya, para pekerja sosial juga dapat menemukan dan menjangkau kasus anak-anak yang tidak memiliki akta kelahiran atau keluarga tanpa Kartu Keluarga sehingga tidak memungkinkan mereka untuk mendapatkan BPJS/JKN.

Menurut Data Susenas 2019, 5,93 juta anak di bawah usia lima tahun (balita) tidak memiliki akta kelahiran. Sementara 34,3 juta anak di bawah usia 18 tahun juga tidak memiliki asuransi kesehatan.

Dengan bantuan layanan nonmedis dari sektor sosial bagi masyarakat rentan untuk mengakses kesehatan, maka sektor kesehatan akan lebih terbantu sehingga mereka bisa lebih fokus memberikan layanan medis.

Untuk itu, Santi menekankan kembali bahwa penguatan sektor sosial tersebut sangat penting untuk dilakukan guna mendukung sektor kesehatan yang saat ini membutuhkan dukungan dari banyak pihak, terutama dalam penanganan pandemi COVID-19.
 Baca juga: Ragam sumbangsih bagi pahlawan kesehatan di tengah pandemi COVID-19
Pewarta : Katriana
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021