Jamunya Bank Indonesia itu 'jamu manis' semuanya untuk mendorong ekonomi, tentu saja dengan tetap menjaga stabilitas
Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan berbagai "jamu manis" atau strategi dan upaya yang telah dilakukan oleh pihaknya dalam rangka memulihkan ekonomi Indonesia dari pandemi COVID-19.

“Jamunya Bank Indonesia itu 'jamu manis' semuanya untuk mendorong ekonomi, tentu saja dengan tetap menjaga stabilitas,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara CNBC Economic Outlook di Jakarta, Kamis.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan upaya yang telah dilakukan BI antara lain adalah menurunkan tingkat suku bunga acuan atau BI Seven Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 150 basis poin menjadi 3,5 persen.

Baca juga: BI turunkan suku bunga acuan jadi 3,5 persen

Selanjutnya adalah melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah melalui strategi triple intervention yakni spot, DNDF, dan pembelian SBN sehingga menguat dari Rp16.575 per dolar AS pada 23 Maret 2020 menjadi sekitar Rp14.000.

Kemudian melakukan injeksi likuiditas yang besar atau quantitative easing Rp759,31 triliun yakni 4,9 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) sejak 2020.

Baca juga: Gubernur BI: Masih ada ruang penurunan suku bunga acuan

Berikutnya yakni berpartisipasi dalam pembiayaan APBN membeli SBN dari pasar perdana sejumlah Rp473,42 triliun untuk 2020 dan Rp40,99 triliun untuk tahun ini per 23 Februari.

“Di antaranya sekitar Rp47 triliun untuk biaya kesehatan itu belum direalisasikan tahun lalu dan kami juga sudah sepakat dengan Menteri Keuangan untuk mendanai vaksinasi,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Terakhir yaitu Bank Indonesia menurunkan kebijakan uang muka untuk kredit kendaraan bermotor serta properti menjadi 0 persen.

Baca juga: BI beli SBN Rp40,77 triliun untuk biayai APBN 2021

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021