Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto disebut telah memberikan dukungan kepada Wakil Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono pada Musyawarah Besar (Mubes) Kosgoro di Cirebon, Jawa Barat, pada Maret nanti.
 
Sekjen PPK Kosgoro 1957 Sabil Rachman dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, mengatakan konsistensi dan dukungan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto justru terlihat saat Airlangga Hartarto menerima kunjungan Wakil Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Dave Laksono beberapa hari lalu.
 
Sabil mengaku dirinya menghadiri pertemuan saat Airlangga Hartarto menerima Dave Laksono sebagai Ketua Penyelenggara yang melaporkan rencana Mubes Kosgoro 1957.

Baca juga: Airlangga harap Kosgoro 1957 dukung program pemerintah
 
Dia meyakini pertemuan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan kader Kosgoro 1957 Azis Syamsuddin merupakan pertemuan silaturahmi biasa antara kader dengan pimpinan Partai Golkar apalagi Kosgoro 1957 merupakan salah satu organisasi pendiri Partai Golkar.
 
"Jadi kalau ada kader yang mau ketemu Pak Airlangga Hartarto tentu akan diterima, karena Pak Airlangga Hartarto itu pemimpin yang terbuka dan demokratis serta memiliki ketegasan kalau sudah menyangkut keputusan politik," kata Sabil.
 
Kendati demikian, dirinya enggan berspekulasi terkait pertemuan Airlangga Hartarto dengan Azis Syamsuddin.

Baca juga: Muspinas Kosgoro 1957 tunjuk Syamsul Bachri sebagai Plt ketua umum
 
"Saya tidak menghadiri pertemuan Pak Azis dengan Pak Airlangga jadi tentu saja saya tidak berani spekulasi baik makna maupun hasil pertemuan. Justru beda halnya saat Pak Airlangga Hartarto menerima Pak Dave Laksono, saat itu Pak Airlangga Hartarto bukan saja memberi restu tapi juga dukungan kepada Pak Dave Laksono sebagai Ketua Umum PPK Kosgoro 1957. Kalau cuma restu sifatnya pasif tapi kalau dukungan itu aktif. Ini yang saya katakan bentuk ketegasan dari Pak Airlangga Hartarto soal pilihannya di Mubes Kosgoro 1957," paparnya.
 
Namun yang lebih penting, kata Sabil, adalah semua calon yang maju akan menandatangani pakta integritas dimana salah satu poin dalam pakta integritas itu adalah semua kader Kosgoro 1957 harus bisa menjamin dan menjaga persatuan serta eksistensi organisasi Kosgoro 1957.
 
"Dengan kata lain sesungguhnya bahwa semua kader bersama memiliki ikhtiar yang baik dan menghilangkan potensi memecah belah organisasi karena itu akan kontraproduktif dengan harapan Pak Airlangga Hartarto agar Kosgoro 1957 berkontribusi dan secara sinergis dengan kekuatan partai lainnya dalam membesarkan Partai Golkar serta menjadi bagian untuk memenangkan Partai Golkar dalam setiap kontestasi politik termasuk pileg, pilpres dan pilkada," ujarnya.

Baca juga: Kosgoro: Airlangga dan Bamsoet bisa seperti Soekarno-Hatta

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021