Jalinan erat komunitas beri solusi untuk perancang Ria Miranda

Jalinan erat komunitas beri solusi untuk perancang Ria Miranda

Perancang Ria Miranda di bincang-bincang daring, Selasa (23/2/2021) (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Perancang busana muslim Ria Miranda mencari solusi untuk bisnis fesyen yang terdampak pandemi COVID-19 lewat jalinan erat bersama komunitas yang dirintis selama bertahun-tahun.

Sebelum pandemi, Ria rutin mengunjungi kota di mana butik-butiknya berada, lalu mengadakan acara di mana ia bisa menemui dan berinteraksi langsung para konsumen. Kali ini, pertemuan tatap muka harus digantikan secara virtual.

"Satu momen yang sangat aku ingat ketika enggak punya solusi, aku ngobrol sama customer, itu salah satu yang bisa memecahkan masalah kita," ujar Ria dalam bincang-bincang virtual, Selasa.

Baca juga: Ria Miranda biasakan anak jaga kebersihan

Baca juga: Satu dekade berkarya, Ria Miranda buat pameran "10 Langkah"


Lewat obrolan daring, dia mengetahui bagaimana keseharian para konsumen di tengah pandemi, keinginan serta kebutuhan selama pandemi yang menjadi pencerahan dalam hal berkarya. Lewat masukan dan informasi dari komunitas, dia mendapatkan ide untuk membuat produk-produk yang relevan untuk penyuka fesyen. Survival kit berisi benda-benda yang dibutuhkan selama adaptasi kenormalan baru hingga busana yang nyaman tapi modis untuk dipakai di rumah dan di luar rumah jadi contoh.

Ria tidak menampik sempat muncul rasa tertekan ketika menghadapi situasi baru penuh ketidakpastian. Desainer yang berbisnis bersama suaminya ini betul-betul memutar otak mengenai apa strategi yang harus dilakukan karena dia belum bisa membayangkan seperti apa kehidupan bisnis di tengah pandemi.

Sebelum muncul virus corona, Ria rutin membuat acara tahunan untuk bersilaturahmi bersama RiaMiranda Loyal Community. Tahun lalu, acara RiaMiranda Annual Trunk Show ke-8 itu diadakan secara daring. Sebetulnya dia merasa sedih karena tidak bisa berjumpa secara langsung seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi Ria menyadari jumpa virtual adalah solusi untuk saat ini.

Walau hanya bisa menyapa lewat media sosial atau platform daring lain, Ria menegaskan pentingnya konsistensi menjalin komunikasi dengan konsumen. Siaran langsung di media sosial hingga live shopping ia lakoni di saat pandemi.

"Jadi banyak acara sekarang untuk bisa ketemu dan engage sama teman-teman," ujar Ria.

Baca juga: Padukan kedai kopi dan butik, kafe Miranda hadir di Lampung

Baca juga: RiaMiranda Annual Trunk Show digelar virtual, bertema refleksi pribadi

Baca juga: Rilis koleksi "Elea", Ria Miranda gandeng Dewi Sandra
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021