Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 22/2) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, yakni survei LSI soal peta awal Pemilu 2024, termasuk capres hingga Tim Kajian Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang dibentuk Menko Polhukam Mahfud MD.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

LSI sebut Prabowo, Ganjar, Anies tiga nama teratas calon presiden

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo menjadi tiga nama teratas calon presiden jika pemilihan digelar saat ini.

Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan dalam rilis survei LSI soal evaluasi publik terhadap kondisi nasional dan peta awal Pemilu 2024, di Jakarta, Senin, mengatakan tiga nama tersebut menjadi teratas saat memberikan datar nama kepada responden tanpa memasukkan nama Joko Widodo.

Selengkapnya di sini


Survei: NU dan Muhammadiyah puas dengan kinerja Jokowi

Hasil survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia menunjukkan sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi, seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, dalam keterangannya, di Jakarta, Senin, mengatakan salah satu ormas yang puas dengan kinerja Jokowi adalah Nahdlatul Ulama (NU).

Selengkapnya di sini


Survei: TNI jadi lembaga dengan tingkat kepuasan tertinggi

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan berdasarkan survei yang dilakukan lembaganya diperoleh hasil bahwa TNI masih menjadi lembaga dengan tingkat kepuasan tertinggi yaitu 86 persen.

"Mayoritas responden menilai TNI masih menjadi lembaga dengan tingkat kepuasan tertinggi (86 persen), KPK (64,9 persen), dan MK di urutan ketiga (62,5 persen)," kata Adi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


Presiden Jokowi minta penegakan hukum pembakaran hutan tanpa kompromi

Presiden RI Joko Widodo secara tegas meminta penegakan hukum terhadap pembakaran hutan dan lahan, dilakukan tanpa kompromi.

"Saya minta langkah penegakan hukum dilakukan tanpa kompromi. Kapolri tahu apa yang harus dilakukan. Kita sudah lakukan kemarin-kemarin," ujar Presiden dalam arahannya kepada Peserta Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021, di Istana Negara, Senin.

Selengkapnya di sini


Mahfud resmi bentuk Tim Kajian UU ITE

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD resmi bentuk Tim Kajian Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo.

Pembentukan Tim Kajian UU ITE itu melalui Keputusan Menko Polhukam Nomor 22 Tahun 2021 yang ditandatangani di Jakarta, Senin. Tim tersebut diberi waktu kerja tiga bulan hingga 22 Mei 2021 untuk menentukan perlu atau tidaknya revisi UU ITE.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2021