Kemarin, banjir hingga data COVID-19 di Jakarta

Kemarin, banjir hingga data COVID-19 di Jakarta

Banjir masih melanda pemukiman warga di RT 1 RW 2, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat, Minggu (21/02/2021). ANTARA/Fauzi Lamboka/aa.

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta dan sekitarnya pada Ahad (21/2) telah diwartakan oleh Kantor Berita Antara.

Berikut kami hadirkan beberapa berita terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi sebelum memulai aktivitas Anda di Senin pagi ini.

Lima korban tewas saat banjir terjang Jakarta

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat lima orang meninggal dunia saat banjir menerjang wilayah Jakarta dan sekitarnya akibat hujan berintensitas tinggi terjadi pada Sabtu dini hari.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto melalui situs resmi PPID Pemprov DKI Jakarta, Ahad,  menyebutkan lima korban meninggal dunia terdiri dari seorang lanjut usia dan empat anak-anak.

Lansia antre daftar vaksinasi COVID-19 di RSUD Kembangan

Puluhan orang lanjut usia (Lansia) rela mengantre untuk mendaftar vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kembangan, Jakarta Barat, Ahad.

Camat Kembangan Joko Mulyono menyebutkan terjadi antusiasme warga lansia untuk mendaftar secara daring melalui situs yang terdaftar di Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Di Jakarta Barat masih ada kiriman air melalui Kali Angke

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kondisi Jakarta belum 100 persen bebas dari ancaman banjir, apalagi masih ada kiriman air dari hulu melalui Kali Angke melewati Jakarta Barat.

"Meski tiga prinsip saat banjir di Jakarta, yakni siaga, tanggap bila ada kejadian dan galang saat ada masalah telah dilakukan oleh seluruh jajaran di seluruh tingkatan, kondisi belum 100 persen normal," kata Anies di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Ahad.

Legislator harapkan perbaikan dinding turap Kali Angke jadi prioritas

Anggota DPRD DKI Jakarta Syarifudin mengharapkan perbaikan dinding turap (sheet pile) di Kali Angke menjadi prioritas untuk mengatasi banjir di sebagian Jakarta Barat.

"Kita berharap tahun ini segera diselesaikan, khususnya pembebasan lahan di sekitar Kali Angke," kata Syarifudin saat mengunjungi lokasi banjir di Kelurahan Kembangan Utara, Ahad.

Dana banjir DKI Jakarta belum digunakan sebab masih awal tahun

Anggota DPRD DKI Jakarta Basri Baco mengemukakan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 untuk penanggulangan banjir senilai Rp1,5 triliun belum digunakan sebab masih di awal tahun.

"Tahun ini kami anggarkan Rp1,5 triliun lebih untuk penanganan banjir, pengurukan lahan dan lain-lain. Cuma belum bisa dieksekusi karena ini masih di awal tahun," katanya saat meninjau kondisi korban banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Ahad sore.

Beberapa pengungsi banjir di DKI Jakarta positif COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan masih ada 10 tempat pengungsian akibat banjir di Ibu Kota dan beberapa pengungsi terkonfirmasi positif COVID-19.

"Saat ini masih ada 10 tempat pengungsian aktif dari sebelumnya ada 44 titik, ini kami fasilitasi sampai bisa berkegiatan kembali. Dari pengungsinya, ada di beberapa lokasi yang memang ketika dites antigen hasilnya positif COVID-19," kata Anies di Jakarta, Sabtu.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021