Dua gol Mario Gotze bantu PSV Eindhoven lumat Vitesse

Dua gol Mario Gotze bantu PSV Eindhoven lumat Vitesse

Arsip - Para pemain PSV Eindhoven saat merayakan gol Mohamed Ihattaren (nomor 10) ke gawang RKC Waalwijk dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Mandemakers, Waalwijk, Belanda, Sabtu (19/12/2020) waktu setempat. (ANTARA/AFP/ANP/Jeroen Putmans)

Jakarta (ANTARA) - Dua gol yang dibukukan Mario Gotze membantu PSV Eindhoven melumat Vitesse Arnhem 3-1 dalam laga pekan ke-23 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion Philips, Minggu.

Dua gol Gotze itu untuk melengkapi torehan gol Donyell Malen, sementara satu gol balasan dicetak Armando Broja, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Raihan tiga poin ini membuat PSV kokoh di posisi kedua dengan raihan 50 poin atau terpaut tiga angka dari pemuncak klasemen Ajax Amsterdam yang baru bermain dalam laga lebih larut.

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Ajax kokoh di puncak, PSV terpeleset

Sementara bagi Vitesse hasil ini menjadi kekalahan ketiga beruntun yang mereka alami dan kini berada di urutan lima setelah mengumpulkan 42 poin.

PSV yang ingin terus menguntit Ajax sempat dikejutkan dengan serangan cepat Vitesse di awal-awal laga. Dua serangan beruntun dilancarkan tim tamu dan pada kesempatan kedua itu bisa berbuah gol.

Berawal dari serangan cepat, Eli Dasa mengirimkan umpan matang ke tengah yang diterima Armando Broja, ia lantas menyelesaikannya dengan sepakan mendatar ke ujung kiri dan tak bisa dijangkau kiper PSV, Yvon Mvogo.

PSV seolah kesulitan dalam merancang serangan, upaya mereka kerap terblok saat masuk dalam kotak penalti lawan. Sebaliknya, Vitesse yang bermain lebih terbuka memiliki peluang berbahaya lainnya pada menit ke-8. Beruntung bagi PSV, sundulan Jacob Rasmussen melebar.

Baca juga: Feyenoord kembali ke jalur kemenangan setelah bungkam PSV Eindhoven
Baca juga: PSV Eindhoven lumat RKC Waalwijk dua gol tanpa balas


Peluang pertama bagi PSV lahir pada menit ke-10, tetapi sepakan Eran Zahavi dari luar kotak penalti masih terlalu lemah dan bisa ditepis kiper Vitesse, Remko Pasveer.

Tim tamu hampir menggandakan keunggulan jelang paruh pertama berakhir. Sepakannya memaksimalkan bola muntah hanya membentur mistar gawang.

Guna menambah daya dobrak, pelatih PSV Roger Schmidt langsung melakukan dua pergantian pada awal babak kedua. Donyell Malen dan Philipp Max masuk menggantikab Erick Guiterrez dan Adrian Fein. Tak lama berselang Mario Gotze juga masuk menggantikan Yorbe Vertessen.

Baca juga: Vitesse gagal kudeta Eindhoven setelah menyerah 1-4 kepada Venlo

Strategi itu berjalan jitu saat Malen membuat kedudukan kembali imbang 1-1 pada menit ke-82. Menerima umpan Eran Zahavi, ia menyelesaikannya lewat sepakan terukur dari dalam kotak penalti.

Bekas pemain Bayern Munchen, Mario Gotze, kemudian menunjukkan aksinya dengan mengubah keadaan menjadi 2-1 untuk keunggulan PSV pada menit ke-86 lewat sontekan usai menerima umpan Donyell Malen.

Hanya berselang dua menit, Gotze kembali mencatatkan namanya di papan skor ketika menyelesaikan umpan manis Ryan Thomas setelah mengelabui kiper Vitesse. Jingga bubaran skor 3-1 tetap bertahan.

Baca juga: Mario Goetze berlabuh di PSV
Baca juga: Eks kapten Jerman doakan yang terbaik bagi Mario Goetze
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021