Menparekraf optimistis Beli Kreatif Danau Toba mampu bangkitkan UMKM

Menparekraf optimistis Beli Kreatif Danau Toba mampu bangkitkan UMKM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat peresmian kampanye Beli Kreatif Danau Toba di Debang Resort di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Sabtu (20/2/2021). ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus/am.

Medan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimistis program Beli Kreatif Danau Toba dapat mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bangkit dari krisis akibat pandemi COVID-19.
 
"Saya yakin ini akan menjadi sukses, dan kalau sukses ini akan membuka peluang lapangan kerja, menggerakkan ekonomi dan membangkitkan pariwisata dan UMKM," katanya saat peresmian kampanye Beli Kreatif Danau Toba di Debang Resort di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Sabtu.
 
Ia mengharapkan program Beli Kreatif Danau Toba yang merupakan turunan dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) mampu meningkatkan minat masyarakat agar lebih mencintai dan menggunakan produk-produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM Indonesia.

Baca juga: Menparekraf dorong pengrajin ulos berinovasi tingkatkan produksi
 
"Sudah saatnya kita berpihak kepada produk-produk karya anak bangsa. Kita harus pastikan kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri," katanya.
 
Sandiaga menambahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga akan melakukan pendampingan bagi para pelaku kreatif dan UMKM untuk bisa beranjak maju di industri digital.
 
"Perkembangan teknologi digital saat ini juga menjanjikan, termasuk bagi para artisan Indonesia. Potensi yang ditawarkan sektor digital kepada para pelaku kreatif sangatlah besar," ujarnya.

Baca juga: Presiden Joko Widodo resmikan kampanye Beli Kreatif Danau Toba

Baca juga: Presiden : Wisata dan ekraf Toba layak digaungkan ke seluruh dunia
 
#GernasBBI
#BeliKreatifDanauToba
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021