Untuk mencairkan kepadatan yang terjadi menuju lokasi terdampak genangan, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 21 sampai dengan Km 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 15.
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow dalam rangka mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi akibat dampak genangan air di Km 19 tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta.

"Untuk mencairkan kepadatan yang terjadi menuju lokasi terdampak genangan, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 21 sampai dengan Km 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 15.00 WIB," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Heru, hingga saat ini masih terpantau genangan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 19 arah Jakarta yang diakibatkan oleh air Kali Jambe Bekasi Timur.

"Saat ini genangan di Km 19 arah Jakarta terpantau berada di Bahu Jalan, Lajur (L) 1 sampai dengan L3, hanya L4 yang dapat dilintasi oleh kendaraan. Rest Area Km 19 arah Cikampek masih dilakukan penutupan," katanya.

Selain melakukan rekayasa lalu lintas contraflow, Jasa Marga juga menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi genangan, memfungsikan pompa yang juga bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) 1 unit dengan kapasitas 500 liter/menit serta membuat tanggul untuk menahan aliran air Kali Jambe.

Sementara itu kondisi di jalan tol Jakarta-Tangerang pada Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1, L2 dan L3 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa. Untuk Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1, L2 sampai dengan L4 bisa dilintasi kendaraan, dan saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.

"Sementara Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di terowongan dan dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan dikeluarkan melalui GT Cikupa," kata Heru.

Sementara itu kondisi di jalan tol dalam Kota Jakarta, pada KM 00+100 dalam kondisi tergenang, namun arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini Jasa Marga sedang melakukan penanganan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas.

Untuk kondisi di jalan tol Jagorawi Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 sampai dengan L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

Baca juga: Jasa Marga tangani genangan air di jalan tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Jasa Marga kembali rekonstruksi Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Pasca genangan banjir, Hutama Karya buka kembali gerbang tol JORR-S

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021