Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh kader partainya untuk benar-benar melaksanakan dan mewujudkan politik hijau yang mencintai serta melestarikan lingkungan.
 
Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Sabtu, menyampaikan ajakan tersebut di tengah masyarakat berbagai kota di Indonesia sedang mengalami bencana banjir, yang kerap dianggap sebagai salah satu wujud kurang sempurnanya kerja-kerja pelestarian lingkungan selama ini.
 
"Sekarang makin banyak mata air yang tadinya ada jadi mengering. Masyarakat mengeluh dengan kurangnya air. Sebenarnya itu terjadi karena perbuatan kita sendiri," kata Megawati dalam diskusi virtual bertajuk Politik Hijau PDI Perjuangan.
 
Acara itu dalam rangka melaksanakan program gerakan penghijauan dan bersih-bersih daerah aliran sungai (DAS) gelombang kedua di seluruh Indonesia.
Para aktivis lingkungan, generasi muda penemu alat penghijauan, hingga petinggi dan kepala daerah dari PDI Perjuangan mengikuti diskusi interaktif itu.
 
Megawati menyebutkan dirinya selalu meminta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk mengajak setiap orang bicara mengenai masalah lingkungan, khususnya berbincang masalah betapa pentingnya air dan kehidupan.
 
Dia mengatakan sudah melihat bahwa soal lingkungan bukanlah hal sepele. Sejak menjabat wakil presiden RI, dirinya sudah berkomitmen memelihara kebun raya.
 
Sebab satu hal yang diyakini oleh Megawati yakni kehidupan manusia akan senada dengan alam sekitarnya. Megawati diajari prinsip 'aku adalah kamu, kamu adalah aku' Oleh Bung Karno, yang sangat penting di dalam mengatur hubungan antar sesama, serta tanggung jawab manusia terhadap lingkungan.
 
Dalam konteks itu, Megawati mengatakan para kader PDIP harus memahami kehidupan partai politik bukan sekedar politik praktis semata. Sebaliknya, politik sebaiknya dilihat sebagai sebuah alat perjuangan bagi mencapai kehidupan yang dicita-citakan.
 
Di PDIP, katanya cita-citanya adalah mewujudkan dan menegakkan nilai Pancasila dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Dalam konteks lingkungan, kesejahteraan rakyat itu termasuk bagaimana lingkungan yang sehat dan lestari benar-benar terjadi.
 
"Pilihlah sungai di setiap daerahmu, hijaukan sungai itu dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan," kata Megawati.
 
Megawati mengatakan dirinya sangat berharap, semua pihak bisa saling bersama dan saling membantu agar Indonesia mempunyai lebih banyak kebun raya.
 
"Sebuah kebun raya yang dibuat oleh Indonesia yang luasnya itu memang sangat bisa mengagumkan," kata Megawati.
 
Megawati menilai seluruh pihak sebagai warga tentunya bisa mewujudkan hal tersebut demi keberlangsungan Indonesia sampai ratusan tahun mendatang.
 
“Tentunya sebagai salah seorang warga bangsa, masa tidak bisa ya? Apakah tidak ada getaran-getaran itu lagi pada diri kita untuk memperjuangkan kehidupan lingkungan kita sendiri, kehidupan kita sendiri? Kenapa? Kita kan akan ada keturunan," ujarnya.
 
Kalau memungkinkan lanjut dia Indonesia bisa menjadi sebuah titik penting di dunia ini yang bertahan sampai ratusan tahun ke depan.

Baca juga: Yasonna Laoly: Megawati adalah petarung politik melawan ketidakadilan
Baca juga: Peringati HUT PDIP, Megawati ajak kader bersihkan sungai

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021