Jakarta (ANTARA) - Makara Art Center (MAC) Universitas Indonesia akan menyelenggarakan acara seni budaya pada 21 Februari 2021 sebagai bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis ke-71 yang sudah dimulai sejak 2 Februari lalu dan puncaknya dijadwalkan berlangsung pada 23 Februari mendatang.

Dalam acara itu, sejumlah seniman kampus dan mahasiswa UI seperti Liga Tari UI, BEM UI dan UKM lalu seniman nasional yakni Andi/riff, Budi Cilok dan Sarah Saputri akan ikut berpartisipasi.

"Melalui perayaan Dies Natalis ini kami ingin menggali semangat dan potensi seluruh Sivitas Akademika UI untuk mewujudkan UI tangguh, sehingga bisa berpatisipasi aktif dalam Indonesia bangkit. Untuk itu, kami mengambil tema 'UI Tangguh Untuk Indonesia Bangkit'," ujar Ketua Panitia Dies Natalis UI, Prof. Ganjar Kiswanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Gelaran seni budaya nantinya terbuka untuk umum di luar sivitas akademika UI dan keluarga besar UI lainnya. Acara dijadwalkan berlangsung secara hybrid yaitu memadukan antara daring (online) dan luring (offline).

Acara luring dilaksanakan di Auditorium MAC dan ditayangkan secara daring melalui kanal Youtube Makara Art Center UI pada pukul 19.00 WIB.

Lebih lanjut, Prof. Ganjar mengatakan, selain seni budaya berbagai kegiatan yang berorientasi internal dan eksternal digelar antara lain talk show, lomba video iklan layanan masyarakat, lomba jalan sehat virtual dan kompetisi penulisan tentang UI di media massa untuk jurnalis.

Pengumuman lomba akan dilaksanakan pada puncak acara perayaan Dies Natalis pada tanggal 23 Februari 2021.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Abdul Haris, mengatakan, melalui momentum dies natalis ini UI ingin mensosialisasikan berbagai kegiatan dan prestasi kepada masyarakat selama masa pandemi.

"Melalui cara ini kami berharap apa yang sudah dilakukan UI bisa menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat. Selain sebagai media sosialisasi, kegiatan-kegiatan seperti ini juga bisa menjadi ajang peningkatan soft skill mahasiswa sebagai realisasi dari konsep kampus merdeka belajar," kata dia.

Sementara itu, Kepala Makara Art Center UI, Ngatawi Al-Zastrouw, menjelaskan, dalam upaya membangun sinergi antara kampus UI, masyarakat, dan tokoh agama, pada gelaran seni nanti, disampaikan beberapa harapan dan pandangan para tokoh agama dan masyarakat terhadap kampus UI.

"Dengan cara ini kami berharap keberadaan UI makin disadari oleh masyarakat karena terasakan manfaatnya," tutur dia.

Baca juga: Indramayu izinkan seniman manggung hingga tengah malam

Baca juga: Seni dan jalan hidup WS Rendra

Baca juga: Pentas daring perdana Ramayana sukses disaksikan puluhan ribu penonton

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021