Kemenhan dukung revitalisasi Benteng Victoria

Kemenhan dukung revitalisasi Benteng Victoria

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI, Letjen TNI Muhammad Herindra, melakukan pertemuan dengan Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy, Jumat. (ANTARA/HO)

Ambon (ANTARA) - Kementerian Pertahanan RI mendukung upaya revitalisasi Benteng Victoria serta relokasi Markas Kodam XVI Pattimura oleh Pemerintah Kota Ambon.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI, Letjen TNI Muhammad Herindra, Jumat menyatakan, Kementerian Pertahanan menyetujui dan merestui rencana revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi Markas Kodam XVI Pattimura.

"Kami telah mendapat informasi terkait relokasi Markas Kodam XVI Pattimura yang baru di Desa Tawiri, tujuan revitalisasi Benteng Victoria juga jelas peruntukannya, sehingga kami setuju dan dukung rencana tersebut," kata Wamenhan saat melakukan pertemuan bersama Wali kota Ambon, Maluku, Richard Louhenapessy

Baca juga: Moeldoko dukung revitalisasi Benteng Victoria

Dikatakannya, rencana revitalisasi Benteng Victoria telah ditetapkan melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai cagar budaya nasional, sebagai upaya menarik perhatian wisatawan merupakan langkah yang tepat, karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Revitalisasi ini akan membawa dampak yang positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, ini langkah yang tepat dan sangat baik," kata Wamen.

Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy dalam paparan di hadapan wamenhan, menyatakan, permohonan audiensi bersama Kementerian Pertahanan, merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang sudah dilakukan sebelumnya bersama Kementerian Pekerjaan Umum RI dan beberapa Kementerian terkait lainnya.

Hasil audiensi bersama Kementerian PUPR, Pemkot Ambon harus mendapat dukungan dari Kementerian Pertahanan sehingga rencana revitalisasi dan relokasi tersebut dapat ditindaklanjuti oleh Kementerian PUPR.

Diakuinya, setelah mendapatkan dukungan dan persetujuan dari Kemenhan, Pemkot Ambon dalam waktu dekat akan menyerahkan laporan resmi ke Kantor Staf Kepresidenan untuk kemudian ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi kementerian dan lembaga.

"Sebelumnya kita telah melakukan pertemuan dengan Pak Moeldoko, dan beliau menugaskan deputi 1 untuk menangani kelanjutan prosesnya," ujarnya.

Ditambahkannya, tahapan revitalisasi akan mengacu pada desain mula-mula Benteng Victoria yang saat ini ada di salah satu museum di Belanda.

"Revitalisasi akan mengikuti desain awal Benteng Victoria. Semacam replikasi dengan mengikuti sketsa yang ada, sehingga nilai sejarah Benteng tersebut tetap terjaga,"  kata Richard.

Baca juga: Revitalisasi Benteng Victoria, Kemenhan-Pemkot Ambon jalin kerja sama
Pewarta : Penina Fiolana Mayaut
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021