Dokter Reisa sosialisasikan manfaat vaksin kepada driver ojol

Dokter Reisa sosialisasikan manfaat vaksin kepada driver ojol

Dokter Reisa Broto Asmoro saat menyosialisasikan manfaat vaksin kepada pengemudi ojek online Gojek. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Dokter Reisa Broto Asmoro yang juga Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 hadir menyosialisasikan mengenai manfaat vaksin corona kepada 70 ribu pengemudi ojek online (ojol) Gojek dalam forum kopi darat (kopdar) rutin mitra driver dengan manajemen Gojek.

Langkah Gojek mengadakan kopi darat virtual merupakan bagian dari komitmen Gojek untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan dan manfaat vaksinasi.

Baca juga: Satgas optimistis PPKM berdampak signifikan dalam penanganan COVID-19

"Dengan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat, kami berharap kebijakan pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19 ini dapat berjalan dengan lancar," kata Head of Indonesia Region Gojek, Gede Manggala, dalam pernyataan pers, Jumat.

Sosialisasi itu diikuti lebih dari 70 ribu mitra driver Gojek di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dokter Reisa mengatakan bahwa keberadaan vaksin sama pentingnya dengan menjalankan protokol kesehatan. "Vaksin adalah salah satu alat untuk melindungi kita. Kita perlu alat-alat lainnya untuk melindungi kita, salah satunya adalah (dengan menjalankan protokol kesehatan) 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Jadi vaksin nggak bisa jalan sendirian.”

Vaksin COVID-19, kata Reisa, dimaksudkan untuk mengurangi jumlah orang yang sakit (bergejala) akiat virus corona. Semakin banyak orang yang punya kekebalan khusus karena divaksinasi, maka dapat melindungi orang-orang di sekitarnya yang belum mendapatkan vaksin.

Baca juga: Positif COVID-19 bertambah 10.827, kasus sembuh bertambah 10.806

"Ini disebut kekebalan kelompok. Vaksin juga bermanfaat untuk menghilangkan suatu penyakit dari muka bumi kalau semua orang sudah memiliki kekebalan khusus terhadap penyakit tersebut," jelas Dokter Reisa.

Dokter Reisa juga mengapresiasi langkah Gojek dalam memanfaatkan forum kopdar virtual untuk menyosialisasikan pentingnya menjaga protokol kesehatan maupun manfaat vaksin. "Dukungan Gojek bersama mitra-mitranya yang tersebar di Indonesia terhadap upaya yang tengah dijalankan pemerintah, akan memberikan angin segar bagi percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia."

Forum kopdar virtual yang dilakukan Gojek dengan mitranya merupakan salah satu sarana yang efektif untuk membangun pengetahuan serta kedisiplinan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Sehingga, diharapkan semakin banyak masyarakat luas yang memahami pentingnya menjaga protokol kesehatan serta manfaat vaksin, sebagai upaya bersama melawan pandemi COVID-19," Dokter Reisa menambahkan.

Sejalan dengan program vaksinasi yang telah dimulai oleh pemerintah, Gojek terus menerapkan protokol J3K (Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan) dalam seluruh kegiatan operasional yang diwujudkan dengan berbagai inisiatif pencegahan.

Baca juga: Reisa sebut 500 ribu tenaga kesehatan sudah divaksin COVID-19

Baca juga: Dokter Reisa ajak semua pihak "serang" balik virus COVID-19

Baca juga: Kemenkes-KPC PEN-UNICEF latih kemampuan komunikasi vaksinator-nakes
Pewarta : Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021