program pertukaran mahasiswa dalam negeri sangat sedikit, perhatian lebih banyak berfokus kepada program pertukaran luar negeri.
Makassar (ANTARA) -
Platform Sasrabahu.id sebagai implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka 12 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) resmi diluncurkan dan dihadiri jajaran pimpinan Unhas dan 11 PTN-BH lainnya secara virtual, Jumat.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof Nizam PhD, mengatakan dengan sistem ini maka diharapkan semakin meningkatkan dan memperkuat kebhinekaan.
 
Menurut dia, program pertukaran mahasiswa dalam negeri sangat sedikit, perhatian lebih banyak berfokus kepada program pertukaran luar negeri.
 
"Tidak hanya mahasiswa, dosen juga dapat melakukan kolaborasi penelitian dan kerja sama," katanya.
 
Menurut dia, melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan platform sasrabahu.id serta program penunjang lainnya akan mendorong mobilitas mahasiswa semakin tinggi.
 
"Ini akan semakin memperkuat dalam menyiapkan SDM unggul dan inovatif serta berdaya saing kedepan," jelas Prof Nizam.
Baca juga: Mendikbud: Prioritas Merdeka Belajar 2021 pada pembiayaan pendidikan
Baca juga: Merdeka Belajar episode keenam terobosan akselerasi Kampus Merdeka

Sasrabahu merupakan program yang dihadirkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai mandat dari Forum PTN-BH, berupa sistem pertukaran mahasiswa antar PTN-BH.
 
Dengan sistem seperti marketplace, mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah pada perguruan tinggi lain dengan skema full credit transfer oleh adminstrator perguruan tinggi asal.
 
Rektor ITS Prof Dr Mochamad Ashari, MEng menyampaikan sistem ini menjadi komitmen bersama dari PTN-BH dalam memberikan kemudahan untuk implementasi dari program merdeka belajar kampus merdeka.
 
Dengan sistem ini, dapat memberikan akses lebih cepat dan mudah bagi mahasiswa maupun adminstrator masing-masing PTN.
 
Sistem Sasrabahu.id resmi dilaunching oleh sebagai bentuk tindaklanjut, Unhas sendiri sebelumnya telah melakukan sosialisasi secara internal kepada segenap unsur sivitas akademika terkait program sasrabahu.
 
Juga Unhas telah menyiapkan sistem terintegrasi untuk memudahkan dosen dan tenaga administrasi dalam pelaksanaan berbagai program merdeka belajar di Unhas.
Baca juga: Akademisi: Pelibatan mahasiswa mengajar jadi peluang asah kompetensi
Baca juga: Kampus Mengajar, cara meningkatkan kualitas sekolah 3T

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021