Transaksi produk fesyen muslim di Tokopedia kian bertumbuh

Transaksi produk fesyen muslim di Tokopedia kian bertumbuh

Ilustrasi. (ANTARA/Tokopedia)

Jakarta (ANTARA) - Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam mencatatkan antusiasme tinggi masyarakat dalam berbelanja produk fesyen muslim secara daring.

“Terlihat dari subkategori Fashion Muslim di Tokopedia yang mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat belakangan ini,” kata Head of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah, melalui keterangannya, Kamis.

“Baju koko pria, rompi muslim, sajadah, sarung anak dan jilbab menjadi produk dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia sepanjang 2020 dibandingkan 2019,” tambah Falah.

Baca juga: Tokopedia tunjuk BTS dan Blackpink jadi duta merek

Baca juga: Primadona selama pandemi: kopi literan, tteokbokki & pisang goreng


Lebih lanjut, Falah mengatakan pihaknya percaya bahwa adaptasi dengan berkolaborasi dan berinovasi menjadi kunci menghadapi pandemi.
"Tokopedia juga berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendukung lebih banyak pegiat usaha di industri fesyen muslim lokal demi menggerakkan perekonomian nasional yang terdampak pandemi," imbuhnya.

Di sisi lain, Tazkia Hijab Store dan Zoya merupakan contoh pegiat usaha di industri fesyen muslim lokal, yang telah memanfaatkan platform digital Tokopedia demi beradaptasi sekaligus mempertahankan bisnis di tengah pandemi.

Abu Nasor Al Farobi (Robi), memulai bisnisnya pada 2014 sebagai reseller produk fesyen muslim. Robi dan istri kemudian mulai mendesain dan memproduksi sendiri produk-produknya dengan nama Tazkia Hijab Store pada 2017.

Namun kondisi awal pandemi memukul keras usaha Robi. “Omzet kami sempat menurun drastis hingga hampir 100 persen,” lanjutnya. Meskipun demikian, Robi tak lantas patah semangat.

Robi juga mulai gencar memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia demi meningkatkan penjualan.

“Dengan memanfaatkan TopAds dan Bebas Ongkir, kami bisa menarik perhatian pembeli sehingga penjualan perlahan membaik. Kini transaksi meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding awal pandemi,” tambah Robi.

Di sisi lain, Tokopedia melalui akun media sosial Tokopedia Salam juga telah mengadakan kompetisi #SalamBestHijabBrand dalam rangka mengapresiasi para pelaku usaha fesyen muslim lokal yang terus beradaptasi dan berinovasi selama pandemi melalui platform teknologi seperti Tokopedia.

“Tingginya apresiasi ini terlihat pada transaksi penjualan yang meningkat hingga lebih dari 2x lipat di Tokopedia. Apresiasi dan antusiasme masyarakat yang menjadikan ZOYA sebagai Hijab Best Brand ini tentu merupakan sebuah motivasi bagi kami untuk terus berinovasi memberikan produk yang terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata CEO Shafira Group yang menaungi brand ZOYA, Deny Setiawan.

“Di tahun 2021, selain produk yang lebih baik, kami juga membawa semangat baru dalam tema koleksi produk yang akan hadir, yaitu Self-Love Scarf Collection,” tambah Deny.

Baca juga: Rencana merger Gojek-Tokopedia dinilai tak ubah struktur pasar

Baca juga: Royal Enfield Meteor 350 bisa dipesan melalui Tokopedia


Baca juga: OLX Autos gandeng Tokopedia perluas ekosistem niaga mobil
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021