Rumah Sakit UI berikan harga khusus pemeriksaan COVID-19

Rumah Sakit UI berikan harga khusus pemeriksaan COVID-19

Pemeriksaan swab PCR di RSUI (ANTARA/Foto: Humas RSUI)

Depok (ANTARA) - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) memberikan harga khusus untuk layanan pemeriksaan swab PCR, rapid antigen, dan rapid antibodi bagi masyarakat umum dalam rangka HUT ke-2 RSUI pada 13 Februari 2021.

Direktur Utama RSUI dr. Astuti Giantini, Sp.PK, MPH dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan pemberian harga khusus pemeriksaan COVID sebagai wujud upaya RSUI membantu pemerintah mempercepat penanganan pemutusan rantai COVID-19.

"Mengingat angka kasus COVID-19 masih cukup tinggi, maka dalam HUT RSUI yang ke-2 ini, kami berikan layanan pemeriksaan COVID dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Kami berharap promo ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga ikut membantu dalam pemutusan penyebararan rantai COVID-19," ujar dr. Astuti.

Baca juga: Dokter RSUI: Kasus COVID-19 belum ada tanda-tanda menurun

RSUI memberikan harga khusus swab PCR sebesar Rp760.000, harga paket rapid antigen dan rapid antibodi Rp275.000 (bundling). Promo berlangsung mulai tanggal 16 – 27 Februari 2021 (tanggal 21 Feb 2021 poli tutup), di Poli Melati, Gedung Parkir RSUI Lantai 1, Kampus UI, Depok.

Program pemeriksaan COVID-19 ini terbatas jumlahnya sesuai kuota yang ditetapkan. Promo berlaku untuk seluruh masyarakat (tidak dibatasi domisili maupun wilayah KTP) dan masyarakat dapat memilih waktu pemeriksaan sesuai jadwal yang dibuka yaitu Senin – Jumat (08.00-15.00 WIB) dan Sabtu (08.00-11.00 WIB).

Untuk mempersingkat waktu pemeriksaan COVID-19, peserta yang ingin mendaftar diharuskan melakukan pendaftaran daring terlebih dahulu melalui tautan bit.ly/SWABCOVIDRSUI pada hari H-1 sebelum pemeriksaan dan mengunggah bukti pembayaran melalui tautan tersebut.

Baca juga: Hari ini hingga 11 Januari, tes swab COVID-19 di RSUI ada harga khusus

Hasil pemeriksaan akan dikirimkan ke email peserta maksimal 3x24 jam untuk swab PCR dan paket rapid antigen & rapid antibody maksimal 3 jam.

Pemeriksaan swab (tes swab) merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona dengan menggunakan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR). Dalam tes swab corona, petugas medis akan mengambil sampel lendir dari saluran pernapasan atas melalui hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa ke laboratorium dan diperiksa menggunakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi materi genetik virus SARS-CoV-2.

Menurut badan kesehatan dunia WHO, pemeriksaan swab sampai hari ini masih merupakan golden standard untuk pemeriksaan COVID-19, dikarenakan tingkat realibilitas dan validitasnya yang lebih tinggi dibanding metode pemeriksaan lain.

Masyarakat yang membutuhkan informasi layanan pemeriksaan COVID-19 dapat menghubungi nomor telepon RSUI di nomor 021-508 2929 2 atau melalui pesan whatsapp 0811 9113 913.

Baca juga: Dokter RSUI beri tips tangani 'mask acne'
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021