AZ lumat Heerenveen 3-1 untuk naik ke posisi tiga

AZ lumat Heerenveen 3-1 untuk naik ke posisi tiga

Gelandang AZ Alkmaar, Calvin Stengs, saat merayakan gol pertama timnya ke gawang Heerenveen saat keduanya bertemu di pekan ke-22 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion AFAS, MInggu (14/2/2021).(ANTARA/Pro Shots/Sipa USA via Reuters)

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar melumat tamunya Heerenveen 3-1 dalam laga pekan ke-22 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion AFAS, Minggu, sekaligus membuat mereka naik satu peringkat ke posisi tiga klasemen sementara.

Kemenangan yang disokong gol-gol Calvin Stengs, Teun Koopmeiners, dan Albert Gudmundsson itu hanya bisa dibalas satu gol oleh Heerenven melalui Lasse Schone.

AZ kini mengoleksi 43 poin, tetapi mereka juga berpotensi kembali disalip oleh Vitesse Arnhem apabila mampu menang melawan FC Twente dalam laga lebih larut.

Sementara bagi Heerenveen, mereka tertahan di posisi sembilan dengan koleksi 29 poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Ajax kukuhkan posisi puncak seusai menang di kandang Heracles

Kedua tim langsung memeragakan permainan terbuka sejak awal laga. Heerenveen mengawali serangan lewat aksi Mitchell van Bergen-Benjamin Nygren, sayang Nygren telah terjebak dalam posisi offside.

Myron Boadu kemudian merespon serangan itu lewat sepakan spekulasi dari luar kotak penalti, tetapi arah bola masih terlalu melenceng di atas mistar gawang Erwin Mulder.

Barulah pada serangan kedua AZ mampu merobek jala gawang Mulder pada menit ke-20. Menerima umpan matang Jesper Karlsson, ia melepaskan tendangan menukik. Bola sempat tertahan Mulder namun muntah dan kembali mengarah ke Calvin yang kali ini berbuah gol.

Baca juga: Gol Michiel Kramer pupus kemenangan PSV yang tinggal di depan mata

Lima menit berselang AZ hampir saja menggandakan keunggulan, namun Mulder dengan sigap menepis bola hasil kreasi Owen Wijndal.

Pada awal babak kedua, tuan rumah unggul 2-0 melalui titik putih setelah Myron Boadu dijatuhkan Jan Paul van Hecke. Teun Koopmeiners yang menjadi eksekutor sukses melakukan tugasnya.

Heerenveen sempat memperkecil kedudukan kala laga memasuki menit ke-54 lewat sontekan Lasse Schone. Namun enam menit jelang waktu normal berakhir, AZ kembali menjauh setelah Albert Gudmundsson melepaskan sontekan yang melewati celah kaki kiper. Skor 3-1 untuk kemenangan AZ tetap bertahan hingga laga bubaran.

Baca juga: Sejumlah laga Liga Belanda ditunda akibat peringatan badai
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021