Tidur dengan rambut basah tak disarankan pakar kesehatan

Tidur dengan rambut basah tak disarankan pakar kesehatan

Ilustrasi - Rambut basah. ANTARA/Pixabay.

Jakarta (ANTARA) - Tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan kerusakan besar pada rambut Anda, walau memang tak akan menyebabkan Anda terkena pilek, kata pakar dermatologi Steven D. Shapiro.

Saat kunci Anda basah, batang rambut akan melunak sehingga melemahkan helai rambut dan membuatnya lebih mudah patah dan rontok saat Anda menempatkan kepala di atas bantal.

Baca juga: Solusi jika terpaksa tidur saat rambut masih basah

Lalu, apabila Anda sudah memiliki masalah rambut rontok, Alopecia areata (penyakit kulit autoimun), atau hipotiroidisme, maka rambut lebih rentan rusak saat dibawa tidur dalam kondisi basah.

Di sisi lain, rambut basah menyebabkan kulit basah, yang berpotensi menyebabkan pertumbuhan bakteri, jamur berlebihan apabila tetap lembab untuk jangka waktu yang lama. Hasilnya, meningkatnya risiko perkembangan folikulitis (radang folikel rambut) dan Seborrhea (penyebab ketombe).

"Begitu infeksi muncul, peradangan meningkat, yang selanjutnya dapat melemahkan rambut," kata Shapiro seperti dikutip dari Shape.

Tidur dengan rambut basah juga bisa menyebabkan rambut Anda terasa berminyak di pagi hari. Sama seperti ketika berenang dalam waktu lama yang bisa mengeringkan kulit Anda, terlalu banyak air yang menempel di permukaan kulit kepala (dengan tidur dengan rambut basah) sebenarnya dapat menyebabkan kulit di kepala Anda kering.

Baca juga: Tidur saat rambut basah bisa sebabkan pilek?

"Kemudian kulit kering dapat mengaktifkan kelenjar minyak untuk mengimbangi kekeringan. Kulit kepala memiliki banyak kelenjar minyak, jadi ini kondisi umum. Pada dasarnya, tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan lingkaran setan kerusakan dan minyak," kata Shapiro.

Tetapi, apabila tak ada waktu banyak untuk mengeringkan waktu sebelum tidur ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan kerusakan, salah satunya memanfaatkan kondisioner rambut.

Produk ini akan menutrisi dan melembapkan kembali rambut yang telah mengering karena terkena air. Setelahnya, tunggu setidaknya 10-15 menit atau dalam situasi yang ideal sampai helai rambut Anda 80 persen kering.

Anda bisa mengeringkan rambut dengan handuk. Caranya, bungkuslah rambut Anda dengan handuk tanpa harus menggosok rambut.

Baca juga: 5 kiat merawat rambut keriting

Baca juga: Tidur dengan rambut basah berbahaya untuk kesehatan?
Pewarta : Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021