Lima kiat menata tanaman hias untuk segarkan suasana rumah

Lima kiat menata tanaman hias untuk segarkan suasana rumah

Tanaman hias. ANTARA/HO-IKEA.

Jakarta (ANTARA) - Menggunakan tanaman sebagai instrumen dekorasi rumah memang bukan hal baru. Namun, semenjak pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tinggal di rumah saja, tren menghias rumah dengan tanaman mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Saat mendekorasi rumah, tidak ada yang namanya terlalu banyak tanaman hijau di satu ruangan, asal Anda bisa menatanya dengan baik. Ternyata, memperhatikan jenis dekorasi tanaman hias yang tepat dan sesuai dengan jenis ruangan di rumah merupakan salah satu aspek terpenting. Simak lima kiat menyegarkan suasana rumah dengan tanaman hias berikut ini, dikutip dari keterangan resmi Ikea, Minggu.

Baca juga: Tips mendekorasi ruangan dengan karpet
 
Tanaman hias (HO/IKEA)


Dekorasi meja belajar dengan tanaman hias mini
Berada seharian di meja kerja atau meja belajar di rumah tanpa dekorasi menarik tentu akan menjenuhkan. Tanaman hias dapat menjadi solusi yang tepat untuk memberikan nuansa yang lebih menyegarkan. Menurut riset yang dilakukan oleh Dr Chris Knight bersama rekan-rekannya dari Exeter University, produktivitas seseorang meningkat 15 persen setelah meja kerjanya dihiasi dengan tanaman. Jika meja belajar atau kerja tidak terlalu besar, Anda dapat meletakkan beberapa tanaman hias mini untuk mempercantik meja. Salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat adalah jenis tanaman sukulen. Anda hanya perlu menyemprotkan air seminggu sekali dan meletakkannya di dekat cahaya matahari. Kerja atau belajar seharian jadi lebih semangat.

Baca juga: Lima tips dekorasi rumah praktis sambut libur akhir tahun
 
Tanaman hias (HO/IKEA)


Letakkan jenis tanaman tinggi di ruang tamu mini
Di ruang tamu minimalis, terutama yang berukuran terbatas, tanaman hias adalah pilihan terbaik untuk memberi nuansa sejuk dan asri. Tanaman yang tinggi dapat mendominasi suatu ruangan dengan mudah, apalagi jika ditambah pot tanaman berukuran sedang dengan desain yang modis. Jika tidak menginginkan tanaman tinggi, Anda dapat meletakkan tanaman berukuran kecil di stand tanaman atau end table agar terlihat menonjol.
 
Tanaman hias (HO/IKEA)


Gunakan tanaman hias untuk ciptakan atmosfer kamar mandi yang segar
Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang tepat untuk meletakkan beberapa tanaman hias. Kondisi kamar mandi yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi justru membuat beberapa tanaman hias dapat hidup dan bertumbuh dengan baik di ruangan ini. Salah satunya adalah jenis tanaman Sanderiana Curly yang cocok diletakkan di ruangan yang lembab. Anda bisa memasangkan dengan vas bunga favorit. Jika Anda lebih memilih tanaman berukuran besar, Anda dapat menggunakan pot gerabah berukuran sedang atau besar untuk meletakkan tanamanmu di lantai. Selain tanaman hidup, tanaman hias tiruan juga dapat menjadi pilihan lain untuk membuat atmosfer kamar mandi lebih segar. Tidak perlu ragu lagi, penempatan tanaman hias di kamar mandi dapat membuat penghuni rumah lebih rileks saat menggunakan kamar mandi.

Baca juga: Resep McDonald's McMuffin dan Ikea meatballs
Tanaman hias (HO/IKEA)


Hias teras rumah dengan berbagai jenis tanaman yang membutuhkan cahaya matahari
Teras rumah merupakan tempat yang sempurna untuk meletakkan berbagai jenis tanaman hias, khususnya yang membutuhkan sinar matahari langsung. Teras yang dipenuhi dengan tanaman akan memberikan nuansa alam yang segar di rumahmu. Agar tetap rapi dan terorganisir, Anda dapat memanfaatkan stand tanaman berwarna netral atau pot tanaman dengan material rotan untuk memajang tanaman favorit.
 
Tanaman hias (HO/IKEA)


Warnai sudut ruang hobi favoritmu dengan tanaman hias gantung
Agar suasana sudut ruang hobi lebih cozy, Anda bisa menambah dekorasi tanaman gantung. Tempatkan tanaman hias gantung di dekat jendela di mana terdapat tembusan sinar matahari. Selain itu, pilih tirai dan pot gantung berwarna natural yang dapat melengkapi tanaman hias gantung kesukaan. Suasana ruangan akan seketika lebih hidup dari sebelumnya.

Baca juga: Tiga tips kurangi limbah makanan

Baca juga: Tips tata ruangan agar tampak luas dan berkarakter

Baca juga: Katalog IKEA kini berbentuk digital
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021