Kemensos kirimkan bantuan untuk korban banjir di Jombang

Kemensos kirimkan bantuan untuk korban banjir di Jombang

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (13/2/2021). ANTARA/Handout/aa.

Jombang (ANTARA) - Kementerian sosial mengirimkan sejumlah bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, guna meringankan beban mereka.

Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyerahkan bantuan tersebut kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.

"Turunkan kardus makanan dari truk. Warga sudah menunggu. Pakai sepeda motor, jangan jalan kaki," ucap Mensos Tri Rismaharini di Jombang, Sabtu.

Mensos sebelumnya bersama dengan Anggota DPR RI Sadarestuwati, singgah di pendopo Pemkab Jombang. Rombongan diterima oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Sekda Kabupaten Jombang Akhmad Jazuli bersama perwakilan Forkopimda Jombang.

Rombongan lalu melanjutkan perjalanan ke lokasi bencana banjir, Dusun Kedung Gabus, Desa Bandar Kedungmulyo dan Dusun Prayungan, Desa Gondang Manis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.
Baca juga: Banjir di Jombang Jatim mulai surut
Baca juga: Pengungsi akibat banjir di Jombang terus bertambah


Mensos Risma didampingi Bupati Mundjidah Wahab membagikan makanan untuk anak-anak pengungsi. Bantuan yang dibawa Mensos meliputi kidsware sebanyak 50 paket, selimut 300 unit, kasur lipat 300 unit, makanan anak 300 paket.

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mensos yang berkunjung ke Jombang sekaligus memberikan bantuan tersebut. Bupati berterimakasih juga berbagai pihak yang telah peduli membantu warga terdampak banjir di Kabupaten Jombang.

"Banyak sekali bantuan yang diberikan kepada warga terdampak banjir di Bandar Kedungmulyo, baik dari pusat, provinsi juga daerah, semua saling bersinergi membantu," kata Bupati.

Ia menambahkan, untuk posko kesehatan selain ada tim kesehatan dari puskesmas, juga ada bantuan dari Fakultas Kedokteran Unair.

"Juga ada layanan kesehatan yang di fasilitasi oleh organisasi masyarakat. Para dokter hewan juga ikut membantu untuk kesehatan ternak," kata Bupati.

Sementara itu, banjir di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang terus berangsur surut. Sebagian warga pun sudah mulai kembali ke rumahnya sambil membersihkan rumah. Sebelumnya terdapat 12 dusun yang terendam dan mayoritas sudah surut.

Namun, warga tidak berani sepenuhnya tinggal di rumah terutama saat malam hari. Warga mengantisipasi jika terjadi banjir lagi, air tiba-tiba datang. (*)
Baca juga: Banjir setinggi 1 meter masih genangi dua desa di Jombang
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021