Jalan layang Purwosari kado Menteri PUPR kepada Wali Kota Surakarta

Jalan layang Purwosari kado Menteri PUPR kepada Wali Kota Surakarta

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo meresmikan jalan layang Purwosari Solo, Sabtu (13/2/2021) ANTARA/Aris Wasita

Solo, Jateng (ANTARA) - Jalan layang Purwosari Solo Provinsi Jawa Tengah menjadi kado dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kepada Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang pada hari Sabtu (13/2) berulang tahun ke-61.

"Yang membahagiakan saya adalah ini kenangan terindah yang diberikan oleh bapak menteri, bapak gubernur karena ini tanggal lahir saya. Diresmikan saat ulang tahun saya ke-61 tahun," kata Rudi pada peresmian jalan layang tersebut di Solo, Sabtu.

Baca juga: Hasil uji coba "flyover" Lenteng Agung-Tanjung Barat dievaluasi

Ia juga mengapresiasi selesainya jalan layang Purwosari yang lebih cepat dua bulan dari target sebelumnya, yaitu di bulan Maret 2021.

Selain menjadi kado ulang tahun, dikatakannya, bangunan tersebut juga menjadi kado penutup baginya yang pada 17 Februari akan memasuki masa purnatugas sebagai Wali Kota Surakarta.

Baca juga: Hari ini efektivitas "flyover" Tanjung Barat dan Lenteng Agung diuji

"Meski segera selesai, saya akan tetap melayani masyarakat tanpa henti," katanya.

Ia juga berharap jalan layang Purwosari dapat bermanfaat bagi banyak orang, tidak hanya warga Kota Solo tetapi juga luar kota yang berkunjung ke Solo.

"Dengan peresmian ini harapannya Solo tidak macet lagi dan pesan saya kendaraan berat tidak boleh lewat 'flyover'," katanya.

Baca juga: Warga Poltangan waswas melintas di "flyover" Tanjung Barat

Sementara itu, Basuki Hadimuljono mengatakan awalnya pembangunan tersebut akan diresmikan pada Rabu (10/2), namun saat perjalanan yang dilakukannya melalui jalur darat, dirinya mendapatkan panggilan dari Presiden Joko Widodo untuk mengikuti sidang kabinet.

"Beliau (Presiden) menanyakan kapan diresmikan flyover Purwosari, agar diresmikan pak Rudy. Akhirnya dilakukan pagi ini, selamat ulang tahun pak Rudy," katanya.

Ia juga mengapresiasi Rudy yang selama menjabat telah banyak menorehkan sejumlah pencapaian, di antaranya pembangunan jalan layang Manahan, Stadion Manahan, dan dalam waktu dekat akan ada pengembangan Bengawan Solo Tempo Dulu.

"Meski nanti sudah tidak menjabat, beliau juga akan terus mengabdi kepada masyarakat," katanya.
Pewarta : Aris Wasita
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021