Kemarin, pesan Imlek Presiden hingga vaksinasi COVID-19 lansia

Kemarin, pesan Imlek Presiden hingga vaksinasi COVID-19 lansia

Penari Naga Liong dan Barongsai menghibur pengunjung pusat perbelanjaan di kawasan Kuta, Badung, Bali, Jumat (12/2/2021). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews pada Jumat (12/2) mulai dari pesan Presiden Joko Widodo dalam rangka Tahun Baru Imlek hingga penerbitan Surat Edaran Kementerian Kesehatan tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia.

1. Kebijakan menekan mobilitas melandaikan grafik COVID-19
Mobilitas menjadi salah satu faktor yang mempercepat laju penyebaran COVID-19. Beberapa kali masa liburan berjalan, efeknya dua sampai empat minggu kemudian daerah yang menjadi tujuan liburan atau pulang kampung mengalami kenaikan angka positif secara signifikan.

Secara nasional, dua pekan pertama Januari 2021, terjadi penambahan harian kasus positif secara nasional mencapai 11.278 orang, hampir tepat dua pekan setelah libur Natal dan Tahun Baru berakhir. Sementara dua hari sebelumnya kenaikan secara nasional di angka 10.047 orang, dalam dua hari lajunya bertambah 12 persen, luar biasa.

2. Kemenkes terbitkan surat edaran pelaksanaan vaksinasi untuk lansia
Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan surat edaran dengan Nomor HK.02.02/11/368/2021 mengenai pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada kelompok lansia, komorbid dan penyintas COVID-19 serta sasaran tunda.

Dalam salinan surat edaran yang diterima di Jakarta, Jumat (12/2), itu dijelaskan bahwa Kornite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi COVID-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas COVID-19 dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan.

3. Presiden: Perayaan Imlek di tengah pandemi tak kurang rasa syukur
Presiden RI Joko Widodo mengatakan perayaan Imlek di tengah pandemi COVID-19 tidak mengurangi rasa syukur atas limpahan kedamaian.

"Hari Raya Imlek di masa pandemi tentu membuat kita tak leluasa untuk merayakannya dengan sukacita bersama kerabat dan para sahabat. Tapi semua itu tak mengurangi rasa syukur atas limpahan kedamaian dan cinta kasih bersama keluarga," tulis Presiden dalam akun Instagram @jokowi yang dikutip di Jakarta, Jumat (12/2).

4. Mensos pesan korban banjir di Pekalongan jangan sampai telantar
Menteri Sosial Tri Rismaharini berpesan kepada Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, agar tanggap dalam penanganan para korban banjir sehingga tidak sampai telantar.

"Yang paling penting, adalah warga (korban banjir) tidak telantar. Jadi bagaimana kondisi pengungsian, makanan, seperti itu," kata Mensos Tri Rismaharini saat menyambangi tempat pengungsian korban banjir di Kota Pekalongan, Jumat (12/2) dinihari.

5. MUI sesalkan tindakan yang menyudutkan Din Syamsudin
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim menyesalkan tindakan kelompok manapun yang mendiskreditkan dan menyudutkan Prof Din Syamsudin sebagai bagian dari kelompok radikal.

"Ini adalah tuduhan dan fitnah keji yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kepada seorang tokoh dan pemimpin Muslim penting tingkat dunia yang sangat dihormati karena dalam waktu yang panjang telah mempromosikan Wasatiyatul Islam atau Islam Moderat di berbagai forum dunia," ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (12/2). (T.D018)
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021