Pemenuhan fasilitas serta stok 'reagen' ekstraksi pada Rumah Sakit TNI AD, merupakan upaya penanganan COVID-19 di beberapa wilayah yang menjadi zona merah
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menyebutkan TNI Angkatan Darat akan membantu pemerintah provinsi soal penanganan dan penampungan pasien COVID-19.

"TNI AD akan membantu pemerintah provinsi dalam proses penanganan serta menampung para penderita COVID-19, dengan kapasitas yang dimiliki pada barak-barak di satuan-satuan wilayah yang menjadi zona merah atau terdapat kasus tertinggi," kata Jenderal TNI Andika Perkasa dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis.

Kasad menyampaikan hal itu ketika melakukan video conference berkala dengan jajaran petinggi TNI AD serta seluruh Rumah Sakit (RS) TNI AD, terkait pemantauan penanganan COVID-19 di beberapa wilayah.

Baca juga: Kasad: RS lapangan bantu pemda tangani COVID-19

Baca juga: RS lapangan dukungan Kasad di lokasi gempa Sulbar sudah beroperasi


Kasad juga akan memberikan beberapa fasilitas di wilayah yang angka penderita COVID-19 tertinggi, selain soal persiapan dalam membantu pemerintah provinsi untuk menampung dalam penanganan pasien COVID-19.

Salah satunya kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa yakni terkait pemenuhan segala kebutuhan yang diperlukan untuk ketersediaan stok reagen ekstraksi uji COVID-19 bagi seluruh rumah sakit.

Kebutuhan lain yang disiapkan yakni fasilitas kesehatan yang diperlukan ruangan rumah sakit lapangan di beberapa wilayah dengan kasus tertinggi penderita COVID-19.

Upaya-upaya tersebut diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan Indonesia dari pandemik COVID-19, baik dari sisi kesehatan-nya maupun sisi-sisi lain yang terdampak.

"Pemenuhan fasilitas serta stok 'reagen' ekstraksi pada Rumah Sakit TNI AD, merupakan upaya penanganan COVID-19 di beberapa wilayah yang menjadi zona merah," ujar Kasad.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021