Jakarta (ANTARA) - Sebastien Haller mengantarkan Ajax menyisihkan PSV Eindhoven menuju semifinal Piala KNVB, setelah dwigolnya menyokong kemenangan 2-1 dalam laga perempat final di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Dua gol Haller tersebut jelas akan membuat pelatih Ajax Erik ten Hag gigit jari, sebab pemain yang diboyong dari West Ham United itu tak didaftarkan dalam skuat Liga Europa karena keteledoran administratif.

Haller membawa Ajax memimpin pada menit ke-19 setelah ia menerima umpan terobosan dari Davy Klaassen dan mampu menyelesaikannya menaklukkan kiper Lars Unnerstall.

Hanya lima menit berselang, Haller berhasil menggandakan keunggulan Ajax dengan sontekan jarak dekat memanfaatkan umpan tarik Dusan Tadic.

Baca juga: Striker West Ham Sebastien Haller menyeberang ke Ajax Amsterdam

PSV tampil minim inisiatif serangan sepanjang babak pertama dan lebih banyak mengejar bola yang berada dalam penguasaan para pemain Ajax.

Baru pada menit ke-42 PSV memperlihatkan ancaman berarti, ketika Donyell Malen mampu menerobos pertahanan Ajax, tetapi peluangnya digagalkan oleh kiper Maarten Stekelenburg dalam situasi satu lawan satu.

Seusai turun minum, PSV tampil lebih agresif dan pada menit ke-58 berhasil memperkecil ketertinggalan 1-2 setelah memaksa Jurrien Timber mencetak gol bunuh diri saat berusaha menghalau bola sepakan Denzel Dumfries.

Setelah kebobolan, Ajax kembali menaikkan tensi permainan mereka dan hampir merestorasi keunggulan dua gol pada menit ke-71 jika saja tendangan akrobatik Antony Matheus tak menghantam mistar gawang karena sempat dihalau Pablo Rosario.

Baca juga: Zakaria Labyad antar Ajax lewati AZ di Piala KNVB

PSV gagal menciptakan peluang berarti di sisa waktu yang ada sehingga harus meninggalkan Johan Cruijff Arena dengan tersingkir dari Piala KNVB.

Seturut laman resmi KNVB, di babak semifinal Ajax berpeluang menghadapi Vitesse yang sudah lebih dulu menyingkirkan Excelsior atau pemenang laga perempat final lain antara Feyenoord kontra SC Heerenveen yang ditunda ke pekan depan.

Pasalnya berdasar hasil undian awal Ajax dipastikan akan bermain sebagai tim tandang dalam babak semifinal, sehingga tidak mungkin bertemu pemenang VVV Venlo vs NEC Nijmegen yang juga berada dalam posisi serupa.

Baca juga: NEC Nijmegen dan VVV Venlo lanjut perempat final Piala KNVB
Baca juga: Feyenoord dan Heerenveen lanjut ke perempat final Piala KNVB

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021