Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara memberikan penghargaan kepada 13 kader paliatif penyakit kanker dari perwakilan enam kecamatan pada Rabu.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan dharma bakti para kader paliatif di wilayah Jakarta Utara.

"Teruskanlah berbuat yang terbaik seperti halnya membantu diri kita sendiri. Tetap patuhi protokol kesehatan saat menjalankan tugas sosial di tengah masyarakat," kata Ali.

Perawatan paliatif menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah pendekatan yang meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga yang menghadapi masalah kesehatan yang mengancam jiwa, melalui pencegahan dan tindakan untuk mengurangi nyeri, masalah fisik, sosial dan spiritual yang dihadapi pasien selama pengobatan.

Baca juga: Tenaga medis belum pandang penting paliatif
Baca juga: Paliatif, alternatif pengobatan untuk kanker


Apresiasi itu diberikan sebagai rangkaian kegiatan Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari.

Surti, salah seorang kader paliatif dari Kelurahan Rorotan yang bertugas mendampingi pasien kanker, HIV, jantung dan stroke sejak tahun 2010 mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada mereka yang sudah mengabdi selama ini.

"Ini adalah tugas sosial dan dari hati masing-masing semoga kader lainnya bisa mengikuti jejak kami," ujar Surti.

Pewarta: Fauzi
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021