Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia Mohammad Azad, dalam peringatan Hari Nasional Iran ke-42, menyampaikan harapannya agar Iran dan Indonesia dapat terus meningkatkan hubungan bilateral sepanjang abad 21 yang sering dianggap sebagai Abad Asia.

"Perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Iran dan Indonesia telah usai pada 2020 lalu, tetapi kami berharap 70 tahun mendatang dapat menyaksikan perluasan dan peningkatan hubungan antara kedua negara di berbagai bidang," kata Azad dalam sebuah video, Rabu.

"Karena abad ke-21 adalah Abad Asia yang membawa banyak kemajuan dan perkembangan bagi benua ini," kata dia, yang menyebut bahwa Iran dan Indonesia merupakan negara penting di wilayah Asia Barat dan Timur.

Dubes Azad juga memaparkan tentang kedekatan Iran dengan Indonesia yang bersejarah melalui hubungan perdagangan dan budaya, dengan bukti berupa 400-an lebih kosa kata bahasa Persia yang diserap ke dalam bahasa Indonesia.

Di dalam pidatonya, ia menyebut sejumlah contoh kosa kata tersebut, antara lain pahlawan, istana, dewan di bidang pemerintahan; mas, kyai, gusti, sorban, dan buraq di bidang keagamaan; saudagar, tajir, nakhoda, bandar, syahbandar, gandum, badam, kurma, dan kismis di bidang perdagangan.

Baca juga: Dubes Azad: perluasan hubungan dengan Indonesia jadi prioritas Iran

Baca juga: Dubes Azad harap nilai perdagangan Iran, Indonesia capai Rp69 triliun


Hubungan bilateral Iran dengan Indonesia dimulai sejak 1950, setelah Republik Indonesia resmi berdiri. Hubungan itu berlanjut dalam periode lain, ketika 1979 terbentuk Republik Islam Iran.

"Selama ini meskipun terjadi beragam gejolak internasional, hubungan kedua negara tumbuh dalam berbagai dimensi politik, ekonomi, dan budaya, yang berpuncak pada kunjungan Presiden Hassan Rouhani ke Indonesia pada 2015 dan Presiden Joko Widodo ke Iran pada 2016," kata Azad.

Iran memperingati Hari Nasional, atas kemenangan Revolusi Islam Iran, pada 10 Februari setiap tahunnya.

Pada 2021 ini, di tengah situasi pandemi COVID-19, Kedutaan Iran di Jakarta tidak menggelar resepsi sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, namun membagikan video pidato duta besarnya dan perkembangan negara itu melalui platform digital.

Baca juga: Perusahaan Indonesia-Iran bermitra untuk pengadaan alat hemodialisa

Pewarta: Suwanti
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2021