Kodam III Siliwangi terjunkan ribuan personel bantu siapkan vaksinasi

Kodam III Siliwangi terjunkan ribuan personel bantu siapkan vaksinasi

Kodam III Siliwangi gelar apel kesiapan tenaga vaksinator dan tracer COVID-19. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi menerjunkan ribuan personel untuk membantu mempersiapkan dan mempercepat proses program vaksinasi COVID-19.

Pangdam III Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto mengatakan selain membantu mempercepat vaksinasi, ribuan personel itu juga membantu pelacakan kasus-kasus COVID-19 hingga tingkat RT dan RW.

“Menelusuri dan mendata kasus-kasus aktif COVID-19 yang terjadi di masyarakat dimulai di tingkat RT dan RW serta juga menegakkan disiplin masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan,” kata Nugroho di Markas Kodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Menurut dia ada sebanyak 6.000 personel yang dikerahkan dalam kegiatan tersebut. Rinciannya yakni terdiri dari TNI AD 5.690 personel, TNI AL 70 personel, dan TNI AU 240 personel.

Sebagai ujung tombak pembina kewilayahan TNI AD di Jawa Barat, Kodam III Siliwangi menurutnya memiliki komitmen untuk terlibat secara aktif membantu program pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19.

Baca juga: Jabar usulkan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah

Baca juga: Ridwan Kamil ajak ulama sukseskan vaksinasi COVID-19 di Jabar


Selain itu, menurutnya Kodam juga membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 dengan mengoptimalkan sumber daya prajurit dan sarana prasarana yang dimiliki.

"Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan keterampilan yang dimiliki, tugas besar ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar," kata Nugroho.

Sementara itu unsur Polri juga turut terlibat dalam kegiatan persiapan vaksinasi tersebut. Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago juga mengatakan para personel itu diberikan dulu pelatihan sebelum terjun ke lapangan.

"Masing-masing akan diberi pelatihan menjadi tracer COVID-19 di samping petugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatan, para prajurit TNI dapat membantu pemerintah untuk melaksanakan pelacakan COVID-19 di tengah masyarakat," kata Erdi.

Baca juga: Wagub Jabar: Santri dijadwalkan divaksinasi pada Maret 2021

Baca juga: Program PUSPA Jabar perkuat peran Puskesmas dalam penanganan COVID-19
Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021