Jakarta (ANTARA) - Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyatakan akan menghadirkan model terbaru dari SUV andalannya sekarang ini, All-new MU-X 2021, ke Indonesia dalam tahun ini yang diharapkan dapat diterima konsumen dengan baik.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Direktur IAMI Rahmat Samulo dalam Isuzu Media Gathering 2021 yang digelar secara virtual, Rabu.

Rahmat Samulo mengatakan bahwa MU-X terbaru itu akan membawa sejumlah perubahan atau perbaikan dari model sebelumnya setelah dalam beberapa tahun terakhir Isuzu terus mempelajari keinginan pasar Indonesia dan mengevaluasi MU-X di pasar Indonesia.

Baca juga: Laba bersih otomotif Grup Astra merosot 70 persen

Baca juga: Segala jenis truk butuh perawatan harian


Selain MU-X terbaru, Isuzu juga akan menghadirkan truk pikup terbaru dalam tahun ini, menambahkan model D-Max yang sudah beredar di Indonesia selama ini.

Sementara Presiden Direktur IAMI Ernando Demely menegaskan bahwa IAMI akan memfokuskan bisnisnya di Indonesia pada segmen kendaraan komersial (commercial vehicle), yang ditandai dengan tidak diproduksinya kembali Isuzu Panther.

Dan selama 2020, IAMI telah menjual total 17.855 unit kendaraan komersial, atau tumbuh 0,7 persen dibanding 2019, dengan pangsa pasar 3,1 persen.

Baca juga: Aliansi Volvo dan Isuzu Motors masuki tahap akhir

Baca juga: Isuzu: Pajak kendaraan nol persen bakal dongkrak penjualan mobil


Dari total penjualan itu, Isuzu Tragra mengambil porsi 6.660 unit dengan market share 30,6 persen, Isuzu Elf 8.596 unit (22,4 persen), dan Isuzu Giga 1.292 unit (13,2 persen).

Untuk tahun ini, target Isuzu di Indonesia adalah mencapai target pangsa pasar Isuzu Elf 25 persen, Isuzu Giga 14 persen, dan Isuzu Traga 36 persen.

Isuzu juga menerapkan strategi-strategi baru di tahun menyusul perubahan tren yang terjadi di industri terutama sejak pandemi virus corona melanda Indonesia, di mana transaksi online semakin berkembang yang ditandai dengan peningkatan penetrasi pada e-commerce.

Pergeseran juga terjadi pada layanan purna jual (after sales), dengan fakta bahwa pemanfaatan layanan service bergerak Isuzu selama 2020 juga meningkat signifikan, kemudian transformasi digital karena sebagian orang sekarang telah memanfaatkan media digital dalam kehidupan sehari-hari terutama di tengah pandemi.

Pada 2021 ini, Isuzu juga menganggap masih penuh tantangan, selain pandemi yang belum usai--meski optimistis setelah distribusi vaksin--, penerapan emisi Euro4 dan peningkatan bio fuel di Indonesia harus diantisipasi, ketiga adalah peningkatan jangkauan pemasaran dan layanan Isuzu di seluruh Indonesia.

Isuzu saat ini memiliki 121 outlet dan layanan purna jual di seluruh Indonesia, ditambah 139 kendaraan yang memfasilitasi layanan bengkel (Bengkel Isuzu Berjalan), dan 2.403 mitra gerai suku cadang.

Baca juga: Tata Safari 2021, calon pesaing baru Pajero Sport dan Fortuner

Baca juga: Isuzu All-New D-Max akan meluncur di Inggris pada Maret

Baca juga: Grup Astra kuasai ekspor kendaraan, 61 persen nasional
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021