Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Lotharia Latif bersama Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya membagikan 45.450 alat pelindung diri berupa masker dan dan hand sanitizer kepada pengunjung dan pedagang di Pasar Oeba Kota Kupang.

"Ada sekitar 42.850 masker serta 2.600 hand sanitizer kita bagikan kepada pedagang dan pengunjung di Pasar Oeba," kata Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif kepada wartawan di sela kegiatan bakti sosial TNI-Polri dalam rangka penanggulangan penyebaran COVID-19 di Kota Kupang bersama dengan pemerintah Kota Kupang, Rabu.

Baca juga: Ratusan personel Polda NTT kawal pendistribusian vaksin COVID-19

Ia mengatakan kegiatan bakti sosial TNI-Polri dalam rangka penanggulangan penyebaran COVID-19 ini tidak hanya dilakukan di satu titik di Pasar Oeba saja, tetapi juga tersebar di beberapa titik lainnya, seperti di Pasar Kasih Kota Kupang, Pasar Oebobo, terminal penumpang dan beberapa titik lainnya.

"Pelaksanaan giat bersama TNI ini dilakukan secara serentak. Di kabupaten, Kapolres dan Dandim turun ke jalan untuk membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat," katanya.

Komandan berbintang satu itu menambahkan bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan bagian dari cara TNI dan Polri untuk mencegah penyebaran COVID-19 di tengah semakin meningkatnya COVID-19 di NTT.

Menurut dia, pembagian masker dan hand sanitizer merupakan salah satu cara untuk mengembalikan kesadaran masyarakat untuk terus menaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Kegiatan penyadaran itu, ujar dia, akan terus dilaksanakan sampai Indonesia terbebas dari COVID-19.

Baca juga: Polisi selidiki hilangnya jenasah korban COVID-19 dari kuburannya

Baca juga: Wagub NTT: Tambahan 100 tempat tidur pasien COVID-19 siap digunakan


Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Samuel P Hehakaya mengatakan bahwa media atau pers mempunyai tugas yang besar untuk perpanjangan tangan dalam menyampaikan kepada masyarakat soal pentingnya menerapkan 5M.

"Teman-teman pers juga diharapkan bisa menjadi perpanjangan tangan tidak henti-hentinya memberitakan soal protokol kesehatan," tambah dia.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021