Liburan Imlek Korlantas gelar swab antigen acak di rest area tol

Liburan Imlek Korlantas gelar swab antigen acak di rest area tol

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah) didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (kiri) dan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksa saat mengecek kesiapan penerapan protokol kesehatan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro jelang libur Imlek 2021 di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (9/2/2021). ANTARA/HO-NTMC Polri.

Jakarta (ANTARA) - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan Korlantas Polri akan menggelar tes swab antigen acak di area-area peristirahatan tol di Pulau Jawa sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19 ketika liburan panjang Tahun Baru Cina.

"Dengan random cek, kemudian yang (kendaraan) pribadi, kami bisa laksanakan tes dengan random," kata Irjen Istiono melalui siaran pers, Jakarta, Selasa.

Pada Selasa, pihaknya telah mengecek pelaksanaan protokol kesehatan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di beberapa lokasi keberangkatan pemudik yakni Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur dan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat sebagai persiapan pengamanan libur Tahun Baru Cina.

Baca juga: Penerapan kebijakan PPKM sukses di beberapa daerah
Baca juga: Kakorlantas cek penerapan prokes PPKM Mikro di Terminal Pulo Gebang
Baca juga: Kota Kupang perpanjang PPKM cegah penyebaran COVID-19


PPKM Mikro diketahui berlaku sejak 9 Februari hingga 22 Februari 2021.

"Beberapa moda transportasi yang kami tinjau tadi ini kesiapannya sudah maksimal sekali dan sudah bagus," katanya.

Istiono mengaku puas dengan penerapan protokol kesehatan di Terminal Pulo Gebang. Menurut dia, pelaksanaan prokes di terminal itu berjalan dengan baik berkat adanya tes GeNose C19.

Kemudian di Stasiun Gambir, pihaknya juga mengapresiasi ketatnya persyaratan swab antigen bagi masyarakat yang hendak bepergian menggunakan kereta.

"Persyaratan harus menggunakan swab antigen, baru mereka bisa mudik ke tempat tujuannya," katanya.

Pihaknya memprediksi puncak arus mudik pada libur akhir pekan yang bertepatan dengan Tahun Baru China ini akan jatuh pada Kamis (11/2) dengan mayoritas tujuan mudik adalah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

"Kalau kami lihat antrean tiketnya itu nanti puncaknya hari Kamis tujuan Yogya dan Solo," tutur mantan Kapolda Babel ini.

Istiono menuturkan bahwa jajaran Korlantas Polri telah siap menjaga arus lalu lintas pada jalur mudik agar masyarakat yang memanfaatkan liburan Tahun Baru China dengan pulang kampung bisa mudik dengan lancar, aman dan nyaman.

"Kami gelar personel, pos-pos diisi jajaran, baik di jalan tol maupun arteri. Di pos-pos ini kami kerahkan semua untuk (menjaga arus mudik dan arus balik) Imlek ini, terutama di tempat wisata dan pusat perbelanjaan," kata jenderal bintang dua itu.
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021