Pembangunan masjid RSUD M Natsir habiskan biaya Rp1,5 miliar

Pembangunan masjid RSUD M Natsir habiskan biaya Rp1,5 miliar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat meresmikan Masjid Al Mustasyla di komplek Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Natsir Solok, Sumatera Barat. (Antara/HO)   

Solok (ANTARA) - Pembangunan Masjid megah Al Mustasyla di komplek Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Natsir Solok, Sumatera Barat, mengeluarkan biaya sekitar Rp1,5 miliar.

Direktur RSUD M Natsir Basyir Busnia di Solok, Senin mengatakan pembangunan masjid ini sudah dimulai sejak 22 Januari 2019 lalu bersamaan dengan penetapan nama rumah sakit umum daerah menjadi RSUD M Natsir.

"Kami sebenarnya ingin membangun pada waktu itu, cuma tertunda karena pada saat itu sedang berlangsung pembangunan dua unit gedung di RSUD M Natsir, jadi kita memiliki keterbatasan untuk meletakkan material bangunan," ucap dia.

Selain itu, ia mengatakan keinginan untuk mendirikan masjid pada waktu itu, yaitu dengan cara mengumpulkan infak gerakkan Rp2.000. Kemudian setiap karyawan menyisihkan uangnya sebanyak Rp2.000 untuk pembangunan masjid.

Baca juga: Jihad ekonomi, jadikan Bank Nagari menjadi syariah, sebut DMI Sumbar

Baca juga: ACT sediakan Lumbung Sedekah Pangan di Masjid Al Falah Bukittinggi


"Kemudian baru bisa terkumpul sebanyak Rp160 juta, sedangkan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp2 milyar," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan sebelumnya di rumah sakit itu hanya memiliki mushala yang berukuran cukup kecil dan tidak mampu menampung jamaah yang hendak melaksanakan shalat lima waktu di sana.

"Namun, di akhir tahun 2019 panitia pembangunan masjid bertemu langsung dengan Rusdi Saleh dari Yayasan Darianis Yatim dan Alhamdulillah beliau bersedia untuk membantu pembangunan masjid sampai buka kunci," kata dia.

Ketua Yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh yang juga salah satu Anggota DPRD Kota Solok mengatakan tujuan yayasan itu membangun tempat ibadah di Kota Solok yaitu untuk meningkatkan iman dan taqwa serta meningkatkan nilai- nilai agama kepada generasi muda.

Ia menyebutkan saat ini yayasan itu juga sedang melakukan pembangunan mushala di SMPN 5 Kota Solok senilai dua miliar dan pembangunan Pondok Pesantren Darut Thalib di Kelurahan Laing, Kota Solok.

Selain itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi kemegahan Masjid RSUD M Natsir pada saat menghadiri peresmian masjid tersebut pada Ahad (7/2).

Ia berharap semoga Yayasan Darianis Yatim tersebut diberi pahala berlipat ganda dan mengapresiasi pengurus yang telah bersusah payah memperjuangkan berdirinya masjid di lingkungan RSUD M Natsir itu.

"Sesuai dengan hadits Nabi, orang yang gemar bersedekah maka rezekinya akan bertambah terus dan tidak pernah kekurangan dan bagi siapa yang tidak bersedekah akan ditarik rezekinya," ucap Irwan.*
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021