masyarakat yang sudah biasa menggunakan kedua rute tersebut bisa tetap dilayani
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) memodifikasi dua rute mikrotrans di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat imbas dari diberlakukannya zona rendah emisi mulai Senin ini.

"Modifikasi ini dilakukan agar mobilitas masyarakat yang sudah biasa menggunakan kedua rute tersebut bisa tetap dilayani dengan baik," kata Direktur Operasional TransJakarta Prasetia Budi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Dua rute mikrotrans yang mengalami modifikasi adalah JAK 10 dengan rute Tanah Abang - Kota dan JAK 13 Kota - Jembatan Lima.

Ada pun rute yang dimodifikasi sebagai berikut:

Tanah Abang – Kota (JAK 10)
Perubahan rute hanya untuk layanan yang menuju ke Kota, sementara rute sebaliknya tetap memiliki rute yang sama.

Secara detail pengalihannya sebagai berikut:
Dari Tanah Abang - Setelah lampu merah Kota lurus ke Jl. Asemka - Belok kanan ke Jl. pintu kecil – Jl. Roa Malaka Selatan - Lurus ke Jl. Roa Malaka Utara – Jl. Kali Besar Barat – kembali jalur normal.

Baca juga: TransJakarta siap integrasikan layanan digital antarmoda transportasi

Tanah Abang – Jembatan Lima (JAK 13)
Pengalihan rute dilakukan di kedua arah dengan detail pengalihannya sebagai berikut:

Arah Tanah Abang
Jembatan Lima - Setelah lampu Kota belok kanan ke Jl. Asemka - Belok kanan ke Jl. Pintu Kecil - Belok kiri ke Jl. Kopi – kembali ke jalur normal.

Arah Jembatan Lima
Tanah Abang - setelah Jl. Pintu Kecil - lanjut ke Jl. Roa Malaka Selatan - lurus hingga Jl. Roa Malaka Utara - lanjut Jl. Kalibesar Barat – kembali ke jalur normal.

Dengan adanya modifikasi rute, kedua layanan yang melewati Tanah Abang itu dipastikan tidak akan melewati tiga perhentian yaitu:
  • Bus stop Bank BNI
  • Bus stop Jembatan
  • Bus stop Kali Besar Barat
Pengalihan rute itu mulai berlaku berbarengan dengan diberlakukannya zona rendah emisi.

Baca juga: Siap-siap, akan ada rating sopir dan bus di aplikasi TIJE

Di samping itu, TransJakarta mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan menghindari keluar rumah mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Jika terpaksa keluar jangan lupa 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak agar tetap terhindar dari virus SARS-CoV-2.

TransJakarta juga menyarankan agar selama masa pandemi COVID-19 masyarakat dapat menggunakan aplikasi TIJE untuk bertransaksi sehingga membantu masyarakat mengurangi kontak fisik sesuai anjuran protokol kesehatan.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021