Seoul (ANTARA) - Hyundai Motor Co dan Kia Corp Korea Selatan, Senin, mengatakan mereka tidak dalam pembicaraan dengan Apple Inc tentang pengembangan kendaraan otonom, yang menyebabkan saham mereka jatuh.

Pada awal Januari, TV Harian Ekonomi Korea melaporkan Apple dan Hyundai sedang berdiskusi untuk mengembangkan kendaraan listrik tanpa pengemudi pada 2027 dan mengembangkan baterai di pabrik-pabrik AS yang dioperasikan oleh Hyundai atau afiliasinya Kia Corp.

Saham Hyundai dan Kia diperdagangkan masing-masing anjlok 6,8 persen dan 13,6 persen pada 1216 GMT terhadap penurunan 0,6 persen KOSPI di pasar yang lebih luas.

Baca juga: Hyundai gandeng mitra lokal untuk baterai kendaraan listrik

Sejauh tahun ini,saham Hyundai telah melonjak 30 persen, sementara Kia telah melambung 63 persen di tengah laporan bahwa mereka mungkin membuat mobil Apple. Apple tidak pernah mengakui pembicaraan dengan pembuat mobil itu tentang pembuatan kendaraan otonom.

Reuters melaporkan pada Desember bahwa Apple bergerak maju dengan teknologi mobil otonom dan bertujuan untuk menghasilkan kendaraan penumpang yang dapat mencakup teknologi baterai terobosannya sendiri pada awal 2024.

Baca juga: Hyundai operasikan lagi pabrik Alabama 4 Mei

Baca juga: Hyundai mengalami penurunan penjualan di AS karena corona

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021