Jakarta (ANTARA) - Sejumlah orang yang baru saja divaksinasi virus corona, COVID-19, mengunggah selfie kartu vaksinasi COVID-19 di media sosial. Sayangnya hal itu bukanlah keputusan bijak.

"Beberapa dari Anda merayakan vaksinasi COVID-19 kedua Anda dengan antusiasme yang biasanya ditujukan untuk pernikahan, bayi baru lahir, dan acara kehidupan lainnya," tulis Komisi Perdagangan Federal AS dalam sebuah posting blog pada hari Jumat. “Anda memposting foto kartu vaksinasi Anda di media sosial. Tolong - jangan lakukan itu! Anda bisa saja mengundang pencurian identitas," dikutip dari the Verge pada Minggu.

Baca juga: Swedia berencana luncurkan 'paspor vaksin' virus corona

Kartu tersebut tidak hanya mencantumkan nama dan tanggal lahir orang yang divaksinasi, tetapi juga mencantumkan kapan dan di mana Anda mendapatkan suntikan. Kecuali jika semua akun media sosial Anda dikunci ke setinggan pribadi, Anda membagikan banyak data gratis tentang diri Anda yang mungkin tidak ingin diketahui oleh rando di internet.

The New York Times berbicara dengan beberapa pakar privasi yang mengatakan bahwa penipu ulung dapat berpura-pura menjadi pejabat kesehatan untuk mengelabui orang yang telah menerima dosis pertama vaksin agar berpikir bahwa mereka perlu membayar untuk dosis kedua, dan mendapatkan korbannya.

Informasi Kartu Kredit dan bisa saja seseorang dapat menggunakan foto kartu vaksinasi Anda untuk membuat ulang kartunya dan kemungkinan menjual versi palsu— sesuatu yang tampaknya sudah terjadi di Inggris.

Baca juga: Distribusi vaksin bisa gairahkan penjualan sepeda motor

Baca juga: Satgas ingatkan vaksinasi massal pertimbangkan jumlah vaksinator

Baca juga: 8.150 tenaga kesehatan di Kota Malang telah jalani vaksinasi COVID-19


 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021