Ini merupakan langkah pemerintah provinsi menyikapi banyaknya pendistribusian gas elpiji subsidi tidak tepat sasaran yang mengakibatkan penerima subsidi kesulitan mendapatkan gas tabung tiga kilogram
Pangkalpinang (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyebutkan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan provinsi pertama di Indonesia menerapkan kartu kendali LPG bersubsidi, sebagai terobosan pemerintah daerah agar pendistribusian LPG subsidi tepat sasaran.

"Pendistribusian LPG bersubsidi sistem kartu kendali di Babel ini baru pertama di Indonesia," kata EVP Divisi Retail Payment BRI, Dhoni Ramadi saat peluncuran kartu kendali gas tiga kilogram bersubsidi di Pangkalpinang, Jumat.

Untuk itu pihaknya sudah siap mencetak jutaan kartu kendali LPG ini untuk diserahkan kepada penerima subsidi seperti nelayan, petani, rumah tangga kurang mampu, pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Babel.

"Saat ini kita menunggu data penerima LPG bersubsidi dari pemerintah provinsi," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Babel luncurkan kartu berkendali BBM subsidi

Menurut dia, kartu kendali LPG bersubsidi ini atas nama penerima subsidi dan mereka hanya bisa melakukan pembelian LPG bersubsidi tiga kali dalam sebulan. Apabila lebih dari kuota yang ditetapkan, maka sistem kartu kendali ini akan gagal pembelian di agen-agen resmi.

"Transaksi LPG bersubsidi sistem kartu kendali ini dibatasi, hanya bisa dilakukan tiga kali dalam sebulan," katanya.

Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah mengatakan penerapan kartu kendali ini merupakan terobosan pemerintah provinsi agar LPG subsidi ini tepat sasaran.

"Ini merupakan langkah pemerintah provinsi menyikapi banyaknya pendistribusian gas elpiji subsidi tidak tepat sasaran yang mengakibatkan penerima subsidi kesulitan mendapatkan gas tabung tiga kilogram ini," katanya.

Baca juga: Wapres: Ironis, subsidi LPG banyak dinikmati masyarakat mampu

Baca juga: Penggunaan LPG non-subsidi di kabupaten ini melonjak di tengah pandemi

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021