Kita banyak optimalisasi sehingga aplikasinya terbilang ringan
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) meluncurkan aplikasi #TIJEyangbaru dengan pembaharuan berupa enam fitur di antaranya terkait informasi pencarian rute, halte, dan tampilan terbaru.

"Kita banyak optimalisasi sehingga aplikasinya terbilang ringan. Walaupun banyak fitur-fitur canggih, namun masyarakat bisa menggunakan dengan mudah," kata Direktur Eksekutif Transformasi Digital TransJakarta Gidianto Saritua dalam peluncuran aplikasi #TIJEyangbaru secara daring di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya TransJakarta sudah memiliki aplikasi Tijeku yang memungkinkan masyarakat membeli tiket secara daring menggunakan sistem QR Code, sistem itu kemudian dikembangkan sehingga menjadi aplikasi Tije yang saat ini diluncurkan dengan enam fitur baru.

Gidianto mengatakan saat ini pendaftaran untuk aplikasi Tije yang baru dapat juga dilakukan dengan menggunakan akun Google maupun media sosial Facebook.

Baca juga: TransJakarta aktifkan kembali rute 9H Blok M-Cipedak

"Sekarang pelanggan kita sudah bisa mendaftarkan akun tidak hanya dengan e-mail atau nomor telepon saja tapi juga sudah terintegrasi dengan Facebook ataupun akun Google sehingga pelanggan bisa mendaftar secara praktis," ujar Gidianto.
Ilustrasi aplikasi Tije yang mendapatkan pembaharuan sebanyak 6 fitur baru. (ANTARA/Livia Kristianti)

Ada pun enam fitur terbaru yang terdapat dalam aplikasi #TIJEyangbaru adalah sebagai berikut:

1. Beranda yang sederhana
Tampilan muka atau kerap dikenal sebagai homepage saat ini menjadi lebih mudah diakses dengan desain yang sederhana dan disertai warna cerah.

2. Tjari Rute
Fitur ini memungkinkan pelanggan merencanakan perjalanan, mengetahui posisi halte terdekat hingga mengukur waktu perjalanan.

Baca juga: TransJakarta merenovasi 11 halte untuk tingkatkan pelayanan

3. Tjari Bus
Pelanggan dapat menggunakan fitur ini untuk mengetahui posisi bus yang akan digunakan. Tidak hanya mengetahui posisi bus secara saat ini juga (real time), pelanggan dapat mengetahui detail seperti nomor bus hingga jenis bus.

4. Informasi Rute
Pelanggan dapat mengecek rute TransJakarta yang beroperasi atau pun tidak lewat fitur Informasi Rute.

5. Informasi Halte
Pelanggan dapat mengetahui posisi halte, selain itu dapat mengetahui halte dalam posisi dibuka atau tidak.

6.Loyalti-Je
Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna aplikasi Tije memiliki poin yang dapat dikumpulkan dengan membeli QR tiket dan poin itu ditukarkan dengan hadiah hiburan menarik.

Baca juga: TransJakarta apresiasi petugas yang gagalkan warga mau bunuh diri

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021