Belitung,Babel (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, optimis sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif (parekraf) segera pulih dan membuka lapangan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19.

"Saya optimis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif segera pulih dan tahun 2021 menjadi tahun kebangkitan kedua sektor itu," katanya saat melakukan kunjungan kerja di Belitung, Bangka Belitung, Jumat.

Hanya saja, untuk mewujudkannya diperlukan kerja sama yang kuat antar pemangku kepentingan sehingga parekraf dapat menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Ada tiga cara untuk mengembangkan sektor ini yakni melakukan inovasi bidang kuliner, fesyen, serta kesenian dan budaya yang mencakup beragam tarian di Indonesia, kemudian adaptasi penerapan standar protokol kesehatan CHSE untuk setiap destinasi wisata perlu dilakukan.

Cara lainnya, kolaborasi dengan mengedepankan komunikasi terbuka dan kerja sama antar pihak yang makin bersinergi.

"Harus kolaborasi saling menguatkan untuk pemulihan sektor andalan, hindari ego sektoral, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tidak bisa saling terpisahkan, keduanya saling berkaitan," ujarnya.

Sementara Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, kunjungan kerja Salahuddin Uno pertama kali setelah menjadi menteri dapat mendorong percepatan pemulihan sektor kepariwisataan di daerahnya.

"Dengan kedatangannya, tentu menjadi dorongan tersendiri bagi kami untuk membangkitkan kepariwisataan daerah dan sektor ekonomi kreatif," kata bupati.

Dia mengatakan sudah menyiapkan tiga agenda wisata olahraga tahun 2021 guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Tiga agenda wisata olahraga tersebut adalah kejuaraan memancing bertajuk Mancing de Belitung Rebound 2021, Kejuaraan Bola Volly Pantai Popnas Tahun 2021 dan Belitong Geopark Ultra Run 2021," jelasnya.

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021