Polsek Gambir lanjutkan pemeriksaan penipu yang diduga hipnotis PPSU

Polsek Gambir lanjutkan pemeriksaan penipu yang diduga hipnotis PPSU

Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta. (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Sektor Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta mengatakan masih melanjutkan pemeriksaan terhadap penipu yang diduga menghipnotis pegawai Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di daerah Cideng, Gambir.

Budi mengatakan meski petugas PPSU bernama Hanavi (56) sudah meminta kasus dihentikan namun proses tetap berjalan karena pelaku berinisial WP yang diduga menghipnotis Hanavi pernah melakukan tindakan pidana penipuan dengan modus serupa.

Baca juga: Penipu modus hipnotis PPSU Gambir diperiksa polisi

"Kemarin dari pihak PPSU-nya meminta agar kasusnya tidak dilanjutkan. Namun kita mengecek ada atau tidak tindakan pidana yang dilakukan WP. Ternyata dia sudah pernah melakukan kejadian yang sama dengan modus serupa," ujar Budi saat dihubungi, Kamis.

Budi mengatakan WP kerap menipu korbannya dengan modus awalan menawarkan bantuan sosial berupa sembako.

Saat korbannya yang memiliki kendaraan bermotor menyetujui untuk mengambil bantuan sosial itu, WP diketahui memperdaya korbannya dengan modus hipnotis dan akhirnya mengambil motor milik korbannya.

Baca juga: Pulang dari Jakarta wanita asal Palabuhanratu jadi korban hipnotis

"Dia selalu mengiming-imingi korbannya untuk menawarkan bansos itu kan. Setelah korbannya tergiur dengan yang dijanjikan WP disitulah pelaku mengambil motor korbannya," kata Budi.

Ada pun titik-titik yang sering dijadikan WP lokasi melancarkan aksinya adalah di sekitar kawasan Gambir tepatnya di sekitar Jalan Budi Kemuliaan.

Budi memastikan WP saat ini masih ditahan di Polsek Metro Gambir, Jakarta Pusat untuk melanjutkan pemeriksaan lebih lanjut.

WP dapat dijerat dengan pasal 378 KUHP atau 372 KUHP dengan ancaman kurungan penjara selama 4 tahun lamanya.

Baca juga: Polrestro Jakarta Selatan ringkus sindikat hipnotis

Sebelumnya, pada Selasa (2/2) Kepolisian Sektor Metro Gambir memeriksa seorang pria berinisial WP yang diduga penipu bermoduskan hipnotis yang menyasar Pegawai Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) di kawasan Cideng, Gambir, Jakarta Pusat.

Kejadian bermula saat petugas PPSU Gambir bernama Hanavi (56) sempat merasa ditipu oleh pria berinisial WP saat ia diiming-imingi bantuan sosial.

Hanavi sempat diminta untum mengantarkan ke titik lokasi pemberian bansos namun faktanya Hanavi diajak WP berkeliling di kecamatan Gambir dan sempat diminta untuk menyerahkan motornya kepada WP.

Beruntung Hanavi akhirnya sadar setelah salah seorang teman PPSU-nya menyapa Hanavi saat membawa motornya di Jalan Petojo Enclek IX.

Kasus yang dialami Hanavi ini diunggah oleh akun instagram @info_jakartapusat pada Selasa sore.

Dalam unggahan akun itu dinarasikan bahwa seorang pria terduga pelaku pencurian berhasil diamankan oleh warga dan petugas PPSU di Jalan Balikpapan nomor 22, Gambir, Jakarta Pusat.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021