Kami juga berkeinginan program ini dapat membawa keterampilan baru kepada masyarakat dalam pengolahan pakan burung.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mempercepat budi daya maggot dengan sistem teknologi mesin.

PPMD yang diinisiasi oleh Bustanol Arifin, S.Pd, M.Pd bersama dua dosen lainnya yaitu Drs. Amir Syarifuddin, MP dan Frendy Aru Fantiro, S.Pd., M.Pd ini menggandeng kelompok Chang Bird Farm dan Veloved Bird sebagai mitra dalam kegiatan yang berlangsung di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Ketua kegiatan PPDM dosen UMM di Mulyoagung Bustanol Arifin di Malang, Kamis, mengatakan program pemberdayaan masyarakat ini sebenarnya berawal dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa UMM.

Baca juga: Pemkot Jaksel budidaya ulat Maggot atasi persoalan sampah

Mereka melihat bahwa profesi mayoritas warga Desa Mulyoagung adalah peternak burung dan sebagian juga sudah mengembangkan proses pengolahan maggot sebagai pakan. Namun, proses pengolahannya masih dilakukan secara manual.

Kondisi itu menyulitkan para peternak burung terutama dalam mengelola maggot. Warga butuh waktu yang lama untuk mengolahnya. Selain itu, juga model pemasaran yang dilakukan kurang memadai.

"Berangkat dari hal itulah, akhirnya kami melakukan pembaruan di bidang teknologi, khususnya dalam budi daya maggot sebagai pakan burung," ujar dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMM tersebut.

Program ini berjalan sejak Agustus hingga Desember 2020. Meski begitu, proses pendampingan dan monitoring tetap dilakukan sampai saat ini. Utamanya dalam hal pemasaran produk hasil dari pengolahan.

Arifin menceriterakan terkait rentetan kegiatan yang ia dan timnya lakukan. Mulai dari pelatihan budi daya maggot, proses pengolahan pakan dengan mesin, serta pelatihan pengemasan dan pemasaran produk.

“Beberapa waktu lalu kami juga sempat memberikan bantuan mesin pencacah dan mesin pengering kepada warga. Mesin pencacah untuk membantu proses penghalusan bahan baku. Sementara mesin pengering untuk mempercepat proses pengeringan dari empat hari menjadi dua jam saja,” katanya.

Arifin berharap program ini dapat berkembang lebih luas lagi. Tidak hanya pada budi daya maggot saja, namun juga pada budi daya pakan ternak lainnya.

"Kami juga berkeinginan program ini dapat membawa keterampilan baru kepada masyarakat dalam pengolahan pakan burung. Lebih-lebih dapat membantu perekonomian masyarakat," ucapnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021