Segala upaya yang terus dibangun ini dapat mempertegas komitmen UI menjadi universitas yang unggul, inklusif, bermartabat, nyaman bagi seluruh warganya dan membanggakan seluruh rakyat Indonesia
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan Center for Independent Learning (CIL) pada acara perayaan Dies Natalis ke-71 yang di gelar secara daring di kampus UI Depok, Selasa, yang diharapkan menjadi agregator dalam implementasi program merdeka belajar.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya mengatakan kebersamaan, kolaborasi, dan komitmen menjadi kunci yang dipakai untuk bangkit dan maju.

Ia berharap CIL sebagai agregator dalam implementasi program merdeka belajar menjadi jembatan antara universitas, fakultas, program studi, dan mahasiswa terkait serta ketersediaan dan penawaran berbagai bentuk program merdeka belajar.

"Segala upaya yang terus dibangun ini dapat mempertegas komitmen UI menjadi universitas yang unggul, inklusif, bermartabat, nyaman bagi seluruh warganya dan membanggakan seluruh rakyat Indonesia," kata Ari.

Rektor UI memberikan penghargaan setinggi-tingginya untuk segenap sivitas akademika, alumni, dan mitra UI yang telah bahu-membahu berupaya menanggulangi COVID-19.

"Perubahan besar dalam dunia pendidikan terjadi sejak awal tahun 2020, akibat pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, UI dengan cepat merespons situasi ini, mentransformasikan pendidikan secara daring," katanya.

Kendati demikian perkuliahan semester ganjil TA 2020/2021 telah terselenggara sesuai standar dan tujuan yang telah dirancang. Genap setahun pandemi COVID-19 di Indonesia, maka genap setahun pula kegiatan akademik UI berjalan dengan metode pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca juga: Rektor UI: Kolaborasi ciptakan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi

Baca juga: UI buka program studi Magister Fisika Medis


Dalam acara Dies Natlis ke-71 yang dilaksanakan secara daring. Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam Sidang Terbuka Peringatan Dies Natalis ke-71 Universitas Indonesia (UI) secara virtual.

Joko Widodo mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-71 UI kepada seluruh keluarga besar UI. Tahun 2020 memberikan banyak pelajaran yang memaksa orang bekerja melampaui batasan dan membuktikan bahwa Indonesia tangguh menghadapi setiap tantangan.

Selain itu juga turut hadir dalam acara tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang P. Sumantri Brodjonegoro.

Hadir juga dari unsur Majelis Wali Amanah UI, Senat Akademik, Dewan Guru Besar, Sekretaris Universitas dan para Wakil Rektor, para Dekan, Direktur Sekolah, dan Direktur Program Pendidikan Vokasi, Ketua Umum ILUNI UI, para Dosen, Tenaga Kependidikan, dan mahasiswa UI.

Walaupun dilaksanakan secara daring, Perayaan Dies Natalis ke-71 UI dimeriahkan dengan ucapan selamat dari Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, dan sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Negeri antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, dan Universitas Diponegoro.

Baca juga: FTUI buka prodi magister manajemen integritas material

Baca juga: Vokasi UI luncurkan program studi bisnis kreatif

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021