mungkin karena cuaca tahun ini lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mengatakan berdasarkan pemantauan kualitas udara ambien dengan air quality monitoring system (AQMS) rata-rata kualitas udara di Jakarta jauh lebih baik pada 2020 jika dibandingkan 2019.

"Rata-rata konsentrasi PM2.5 di Jakarta pada 2020 yakni 28,63 mikrogram per meter kubik. Jumlah itu turun dari 37,66 mikrogram per meter kubik pada 2019," kata Direktur Pengendalian Pencemaran Udara KLHK Dasrul Chaniago saat diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Dari hasil pemantauan kualitas udara tersebut diketahui memiliki selisih sebesar sembilan mikrogram per meter kubik. KLHK juga mempersilahkan pihak-pihak terkait untuk mendalami atau menganalisis lebih jauh terkait perbaikan kualitas udara di ibu kota.

"Silakan dianalisis, apakah karena pandemi atau mungkin karena cuaca tahun ini lebih baik," kata Dasrul.

Baca juga: KLHK paparkan aspek yang pengaruhi kualitas udara ambien

Baca juga: Jaga kualitas udara di rumah bantu lindungi diri dari COVID-19

Jika disandingkan dengan Bandung, sebenarnya kualitas udara di ibu kota tidak berbeda jauh. Pada periode 2020 rata-rata konsentrasi PM2.5 Kota Bandung sebesar 27,01 mikrogram per meter kubik.

Kemudian bila dibandingkan antara Jakarta, Bekasi dan Depok, pada dasarnya kualitas rata-rata konsentrasi PM2.5 di ibu kota jauh lebih baik lagi.

Untuk Bekasi, rata-rata konsentrasi PM2.5 sebesar 42,75 mikrogram per meter kubik. Kemudian, rata-rata konsentrasi PM 2.5 Depok yakni 33,35 mikrogram per meter kubik pada 2020.

Dari data-data kualitas udara yang dihimpun oleh AQMS tersebut, sejatinya Jakarta tergolong cukup bagus. Namun, Dasrul heran banyak pihak selama ini hanya menyoroti kondisi kualitas udara di Jakarta saja padahal di kota-kota penyangga jauh lebih tinggi dalam arti tidak sehat.

Ia menambahkan pada dasarnya kualitas udara juga dipengaruhi oleh tiga aspek yakni meteorologi, topografi dan sumber emisi yang terdapat di wilayah setempat.

Baca juga: DKI kolaborasi dengan swasta asing sediakan data kualitas udara

Baca juga: Konsentrasi rata-rata polusi udara Kota Bekasi lampaui Jakarta

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021