Voucer belanja digital bisa dorong daya beli masyarakat

Voucer belanja digital bisa dorong daya beli masyarakat

Ilustrasi - Wanita muda menggunakan komputer laptop untuk belanja online. ANTARA/Shutterstock/pri.

Jakarta (ANTARA) - Platform yang memproduksi serta mendistribusikan voucer atau gift card di Indonesia, Ultra Voucher, mengatakan bahwa promosi atau diskon belanja yang dilakukan para pelaku usaha juga dapat mendorong daya beli masyarakat.

Menurut Chief Executive Officer Ultra Voucher Hady Kuswanto, melalui diskusi media secara virtual, Selasa, hal ini dipengaruhi antusiasme masyarakat yang meningkat untuk pembelian dan penggunaan voucer di masa pandemi semakin meningkat karena mudahnya memenuhi gaya hidup sehari-hari dengan harga diskon.

Baca juga: Belanja pakai voucer masih diminati di Indonesia, ini faktornya

Selain berdampak bagi konsumen, voucher belanja juga diharapkan bisa memperluas kolaborasi dengan pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM), agar usahanya bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi, terutama dengan adanya campur tangan teknologi digital.

"Kami mendukung UMKM seperti pemerintah. Kita menggandeng beberapa merchant yang lumayan besar di mal, lalu UMKM di pandemi ini banyak yang keluarkan produk baru dan menarik, sehingga ini adalah satu hal yang harus dibina dan support," kata Hady.

"Sehingga, perlu diberikan ruang ketika mereka (konsumen) akan transaksi dengan UMKM agar bisa menggunakan voucer. Dan (di Ultra Voucher) ada hal yang sedang kita godok," imbuhnya.

Ultra Voucher sendiri mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan e-commerce/marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada, hingga layanan lain seperti GrabFood dan GoFood untuk menjadi jembatan UMKM agar dapat menjual di sana.

Sementara itu, Ultra Voucher mencatatkan bahwa lebih dari 10 ribu pengguna yang melakukan transaksi setiap bulannya.

Pertumbuhan Ultra Voucher tahun 2020 juga terlihat dari bertambahnya jumlah pengunduh mencapai 50 persen hingga menjadi 190 ribu pengguna. Dari jumlah tersebut, hampir 100 persen active user jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ultra Voucher juga dapat digunakan dalam berbagai macam segmen bisnis seperti makanan, fesyen, hiburan, hingga investasi emas logam mulia dari Indogold dengan sertifikat PT Antam.

Perusahaan juga menyediakan voucher fisik maupun digital yang dapat diperoleh melalui aplikasi maupun Official Store Marketplace Ultra Voucher.

Selain itu, Ultra Voucher juga memiliki UV Gift Card yakni sebuah kartu yang dapat digunakan di dalam aplikasi Ultra Voucher untuk berbelanja di lebih dari 200 brand dengan 38 ribu outlet di seluruh Indonesia.

Misalnya, ketika seseorang bingung ingin memberikan hadiah namun tidak tahu kebutuhan orang yang akan diberikan. Untuk mengatasi masalah itu, Ultra Voucher memiliki solusinya yakni dengan layanan #CukupSatuVoucher lewat UV Gift Card yang dapat ditukarkan ke berbagai merchant yang bekerja sama dengannya.

Baca juga: Tips belanja daring, konsumen wajib teliti

Baca juga: Tips Memanfaatkan Layanan Belanja Online dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit Secara Efektif

Baca juga: Tips promosi produk online lewat Instagram

 
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021