Di babak kedua kami ingin mengubah skema serangan dengan membuat Millie bermain lebih dalam
Jakarta (ANTARA) - Manajer Liverpool Juergen Klopp mengungkap "perdebatan" yang terjadi dengan James Milner saat pemain serba bisa itu ditarik keluar awal babak kedua pertandingan Liga Inggris kontra West Ham United, yang dimenangi The Reds dengan skor 3-1 di London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Milner ditarik keluar pada menit ke-57 dan tampak meminta penjelasan kepada Klopp saat meninggalkan lapangan digantikan oleh talenta muda Curtis Jones.

Beberapa detik kemudian percakapan serius itu berganti menjadi senyum saat Milner menghampiri Klopp setelah Jones, mengirimkan assist untuk gol pembuka keunggulan yang dicetak Mohamed Salah ke gawang West Ham.

Klopp menepis anggapan bahwa Milner tidak senang dengan keputusan itu, walaupun memang agak melontarkan protes ketika ditarik keluar, tetapi menurut sang pelatih asal Jerman hal tersebut terjadi karena kemampuan bahasa Inggrisnya membuat penyampaian strategi sedikit terhambat.

Baca juga: Liverpool sodok tiga besar setelah pungkasi tren positif West Ham

"Itu karena bahasa Inggris saya. Jadi, di babak kedua kami ingin mengubah skema serangan dengan membuat Millie bermain lebih dalam seperti gelandang poros ganda bersama Gini (Wijnaldum) dan Thiago lebih ke depan," kata Klopp selepas laga dilansir laman resmi Liverpool.

"Kami bilang ke Millie, karena hamstring-nya sedikit mengencang agar dia lebih mengendalikan penampilan, cenderung mengumpan ketimbang berlari dengan bola, hal semacam itu.

"Tapi rencananya jelas, ia akan ditarik keluar menunggu Curtis selesai pemanasan, tetapi sepertinya poin itu tidak tersampaikan jelas karena Millie kerap melakukan lari jarak panjang sehingga saya khawatir dan lebih cepat menariknya keluar.

"Ketika meninggalkan lapangan dia bilang 'Anda minta saya main lebih dalam, jadi saya berlari lebih pendek dan sekarang saya ditarik keluar.

"Setelah gol, dia kembali mendekati saya dan bilang, 'Oke, poin dan keputusan yang tepat," ujar Klopp panjang lebar.

Baca juga: Liverpool dilaporkan rekrut bek tim kasta kedua Ben Davies

Pergantian Jones untuk Milner hanya satu dari tiga pergantian pemain Klopp yang mujarab di laga itu, sebab Roberto Firmino dan Alex Oxlade-Chamberlain yang juga turun dari bangku cadangan belakangan berkolaborasi untuk menciptakan gol ketiga Liverpool yang dicetak Wijnaldum.

Kemenangan itu mengangkat Liverpool naik ke posisi ketiga klasemen dengan koleksi 40 poin, menyudahi periode buruk mereka dengan dua kemenangan beruntun yang penting.

Liverpool selanjutnya akan menjamu Brighton & Hove Albion di Anfield pada Rabu (3/2).

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool jaga momentum dan rebut posisi ketiga

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021