Jakarta (ANTARA) - Ferrari telah merampungkan sesi tes privat di trek Fiorano, Italia pada Jumat, melibatkan tujuh pebalap yang melahap tak kurang dari 500 putaran dalam lima hari.

Mick Schumacher, yang akan membalap untuk tim Haas F1 musim ini, mendapat kesempatan menguji mobil F1 Ferrari tahun 2018 SF71H pada Jumat pagi yang kemudian diteruskan oleh test driver Ferrari Callum Ilott pada sore harinya.

Pebalap tim Ferrari Charles Leclerc telah menyelesaikan tugasnya pada Selasa, sedangkan tandem barunya tahun ini, Carlos Sainz menjalani debut di belakang kemudi mobil Ferrari tersebut pada Rabu dan Kamis pagi.

Baca juga: Formula 1 lakukan perubahan waktu start, pangkas waktu latihan
Baca juga: Sainz awali tugasnya di Ferrari


Pabrikan asal Italia itu juga membawa tiga talenta muda dari akademi pebalap mereka yaitu Robert Shwartzman, Marcus Armstrong dan Giuliano Alesi pada Senin.

Kesempatan itu menjadi debut Alesi di balik kemudi mobil F1 setelah ayahnya, Jean sebelumnya pernah menguji mobil Ferrari F1-90 hampir tiga dekade silam di sirkuit kepunyaan pabrikan berlogo kuda jingkrak itu.

Selama lima hari tes tersebut, SF71H menyelesaikan lebih dari 500 putaran, yang sepadan dengan jarak lebih dari 1.500 km.
 

Sesi tes privat itu menjadi cara Ferrari mempersiapkan diri dan membangun ritme para pebalap dan anggota tim mereka jelang musim baru, yang masih akan beroperasi di dalam gelembung dengan protokol kesehatan ketat karena COVID-19.

"Aspek paling penting dari tes ini adalah untuk memberikan para pebalap ofisial Scuderia, Charles dan Carlos, kesempatan untuk kembali membalap lagi setelah jeda musim dingin," kata sporting director Ferrari Laurent Mekies seperti dilansir laman resmi tim.

"Bagi para pebalap FDA (Akademi Balap Ferrari) itu merupakan kesempatan lain untuk merasakan membalap mobil Formula 1," kata dia.

Baca juga: Eddie Jordan yakin Vettel bakal bawa Aston Martin sukses di F1
Baca juga: Button akan membalap di seri offroad elektrik Extreme E


Sedangkan bagi Carlos dan Marcus tes tersebut juga merupakan yang pertama ketika sang pebalap Spanyol menjalani debut dengan tim barunya dan sang pebalap Selandia Baru merupakan kali pertama baginya mengendarai mobil Formula 1.

Kemudian untuk Alesi, tes itu merupakan hadiah perpisahan dia telah lulus dari akademi pebalap Ferrari.

Formula 1 telah merombak kalender musim 2021 dengan jadwal Grand Prix Australia diundur ke November dan Bahrain bakal menggantikannya sebagai tuan rumah seri pembuka.

Kalender tersebut masih terdiri dari 23 balapan, diawali dengan Grand Prix Bahrain pada 28 Maret, satu pekan lebih larut dari jadwal semula yang seharusnya dimulai di Melbourne.

Tes pramusim resmi dibatasi hanya sepanjang tiga hari di Bahrain pada Maret, namun tim boleh melakukan tes privat menjalankan mobil balap lama mereka yang berusia lebih dari dua tahun.

Baca juga: Abiteboul tinggalkan tim Formula 1 Renault
Baca juga: Albon curhat setelah 'ditendang' Red Bull, incar bangku di F1 2022

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021